Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2017, 21:54 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari kedua Synchronize Fest 2017, Sabtu (7/9/2017), memberikan momen-momen tak terduga. Mulai dari penampilan Andy /rif hingga kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo.

Andy /rif membuat kejutan dengan penampilan bersama Hello Dangdut. Ya, dia tak menghentak penonton dengan genre rock, melainkan dangdut. Suara serak khas rocker milik Andy kala itu membuat penonton dari kejauhan langsung berlari ke tengah-tengah panggung Dynamic Stage. Pasalnya, suara itu diiringi aliran musik dangdut lagu "Zakia" yang kian membuat penonton merasa penasaran.

"Ah ini gila, keren, rocker nyanyi dangdut," celetuk salah seorang penonton sambil berlari untuk bergoyang bersama Andy.

Kolaborasi Hello Dangdut: Andy /rif, Erie Suzan, dan Kamila Trio tampil di Dynamic Stage Synchronize Festival 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/10/2017) sore.KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG Kolaborasi Hello Dangdut: Andy /rif, Erie Suzan, dan Kamila Trio tampil di Dynamic Stage Synchronize Festival 2017 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (7/10/2017) sore.
Usai menyanyikan Zakia, Andy bergegas menggoyang penonton dengan lagu "Judi" dari raja dangdut Rhoma Irama. Sempat sedikit bermasalah karena salah tempo tak menyurutkan nyali Andy. Beberapa penonton sempat usul untuk berganti lagu, namun Andy menolak.

"Gue udah latihan tiga minggu untuk ini," kata Andy yang kembali menggoyang penonton dengan lagu Judi.

Di depan Dynamic Stage, musisi legendaris Indonesia Ebiet G Ade membuat sebuah kejutan dengan penampilan di District Stage. Penampilan Ebiet disesaki oleh penonton generasi milenial.

Ebiet pun merasa terkejut karena lagu-lagunya masih menempel di kuping para generasi milenial. Beberapa lagu yang dibawakan Ebiet pun turut serta dinyanyikan bersama, seperti lagu tentang ayah "Titip Rindu Buat Ayah" hingga "Berita Kepada Kawan".

Ebiet G Ade tampil di Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskins, Indische Party, dan Hello Dangdut. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
KRISTIANTO PURNOMO Ebiet G Ade tampil di Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskins, Indische Party, dan Hello Dangdut. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Mendapat perhatian ini, Ebiet pun mengutarakan kebahagiaannya, "Mendapat penghargaan dari anak muda adalah anugerah yang sangat didambakan para orangtua."

Salah seorang penonton, Bagus Alan (19), mengungkapkan momen menyaksikan Ebiet secara langsung dianggap cukup berharga. Menurutnya, musik Ebiet memiliki cita rasa khas--ditambah suara yang dianggap menabjubkan.

"Menonton Ebiet adalah penghargaan terhadap musisi legendaris," kata Bagus.

Meskipun usia Ebiet dan Bagus terpaut jauh, namun lagu musisi folk Indonesia itu dianggap bisa dinikmati hingga masa Bagus kini.

Di sela-sela penampilan Ebiet yang memukau generasi milenial, Jokowi hadir dari arah Dynamic Stage. Dengan kawalan tak begitu ketat, Jokowi langsung mendapat sambutan riuh. Perhatian pun teralihkan sejenak kepada Jokowi. Dengan setelah jaket dan celana hitam serta sneakers Nike, Jokowi turut serta menikmati alunan musik Ebiet.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo datang ke Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung sela tiga hari hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskin, Indische Party, dan Hello Dangdut. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
KRISTIANTO PURNOMO Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo datang ke Syncronize Fest 2017 di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/10/2017). Festival musik yang berlangsung sela tiga hari hingga Minggu (8/10/2017) tersebut menampilkan beberapa musisi di antaranya ada Bangkutaman, Jason Ranti, Adhitya Sofyan, Float, Pee Wee Gaskin, Indische Party, dan Hello Dangdut. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Puas menonton Ebiet hingga tuntas, mantan wali kota Solo itu melanjutkan menyaksikan Deadsquad, band aliran death metal asal Jakarta. Sudah rahasia umum bila Jokowi penggemar berat band beraliran metal seperti Lamb of God.

Tak cukup sampai di situ, Jokowi beralih ke Dynamic Stage untuk menyaksikan Shaggydog. Penampilan Shaggydog tampak memukau Jokowi. Beberapa kali mantan gubernur DKI Jakarta itu terlihat ikut menyanyikan lagu dari band beraliran ska-reggae.

Untuk busana, Jokowi mengenakan tampilan kasual. Dia sempat terlihat tiga kali berganti busana atas, dari jaket hitam, kaos tiga per empat hingga kaos bertuliskan Synchronize Fest 2017. Adapun untuk celana dia memilih warna gelap dengan paduan sneakers Nike Lunarepic Low Flyknit 2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com