Cerita di Balik Kesuksesan YouTuber Aulion - Kompas.com

Cerita di Balik Kesuksesan YouTuber Aulion

Kahfi Dirga Cahya
Kompas.com - 13/10/2017, 18:00 WIB
Aulia Rizsa Wirizqi alias Aulion, salah satu YouTuber Indonesia.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Aulia Rizsa Wirizqi alias Aulion, salah satu YouTuber Indonesia.

KOMPAS.com - Sering bergaya kocak, lepas, tanpa malu dalam video-video yang diunggahnya ke Youtube, tetapi ketika bertatap muka langsung Aulia Rizsa Wirizqi justru agak pemalu.

Pria berusia 23 tahun ini merupakan salah satu Youtuber terkenal di Indonesia--tentu berkat kreativitasnya. Jejak karier Youtuber yang dikenal dengan nama Aulion ini ternyata dimulai karena hobinya sejak kecil.

Mahasiswa semester 7 jurusan film di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini sudah jatuh cinta membuat film sejak duduk di bangku kelas tiga SD. Pertemuannya dengan pembuatan film secara tidak sengaja di sebuah gudang yang kala itu menyimpan handycam, alat perekam video.

"Lihat handycam ini kayak TV LCD bisa diputar, seneng banget," kata Aulion saat berbincang dengan Kompas Lifestyle di The Westin Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Perjalanan Aulion dengan handycam pun dimulai. Bukan Aulion kalau tidak melakukan eksplorasi. Dia mulai menemukan passion dibidang animasi stop motion, suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. 

Aulion bercerita, ketika itu dia tengah mencoba-coba memainkan fitur 'pause' dan 'record' pada sebuah botol untuk digerakkan. Setelah dicoba, hasilnya pun menarik, terbukti ia mendapat pujian dari orangtua yang akhirnya membuatnya bersemangat.

Duduk di bangku sekolah menengah pertama, kreativitas Aulion pun bertambah. Namun dia merasa kreativitasnya itu perlu disebarkan. Awalnya dia menggunakan fitur bluetooth untuk menunjukkan hasil karyanya kepada orang lain.

"Setelah tahu ada Youtube, jadi mulai beralih ke Youtube. Meskipun saat itu belum terkenal banget, tapi mau gimana lagi, itu platform video yang gue tahu," ujar Aulion.

Tapi siapa sangka, Youtube pula yang akhirnya melambungkan nama Aulion, lewat karya animasi stop motionnya yang berjudul "Televisionic Motion". Karyanya mulai viral di media sosial hingga membawa dia masuk ke televisi.

"Nah dari TV itu jadi followers nambah," ujar Aulion yang memiliki kurang lebih 413.000 subscriber di akun youtube.

Animasi

Aulion memiliki alasan sendiri untuk jatuh cinta pada animasi stop motion. Menurutnya teknik ini berbeda dengan animasi pada umumnya.

"Stop motion bisa membuat sesuatu yang enggak mungkin jadi mungkin. Misalnya, gerakin sesuatu sendiri. Ditambah, stop motion itu benda asli, jadi kayak magic," katanya.

Dia menambahkan stop motion juga bisa membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, bahkan semua tema juga bisa dibuat secara stop motion.

"Jadi benda sederhana bisa dibikin jadi karya keren banget. Nah, semua karya bisa keren asal ada konsep cerita, ada pesan yang ingin disampaikan. Kalau ada story (cerita) orang pengen nonton dari awal sampai habis," ujarnya.

Meski pun sudah jadi Youtuber terkenal, namun ia mengaku terus belajar dan membuat karya-karya.

Ada satu hal yang menarik dari Aulion saat ditanya capaian apa yang membuat dia bangga berkat karyanya.  "Pencapaiannya udah bisa traktir orangtua terus," kata Aulion sambil menyunggingkan senyum.

Capaian kedua adalah mulai terwujudnya cita-cita sejak kecil untuk naik wahana roller coaster di beberapa negara. Hingga kini dia sudah naik wahana esktrim itu di beberapa negara seperti Jepang, Belanda, Jerman, Perancis dan Amerika Serikat.

"Semua menggunakan uang sendiri," ujarnya.

PenulisKahfi Dirga Cahya
EditorLusia Kus Anna
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM