Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2017, 14:34 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang bepergian dengan pesawat karena berbagai alasan. Karena ini pula mereka memiliki suasana hati, harapan, dan barang bawaan yang berbeda. Oleh karenanya seorang  pamugari dituntut memiliki keahlian dalam menilai penumpang. Mereka tahu apa yang harus diperhatikan dan bagaimana mengatasi berbagai situasi pada saat itu juga.

Begitu Anda menginjakkan kaki di pesawat, pramugari biasanya sudah bisa menginterpretasi suasana hati dan energi Anda.

"Jika kami menyapa di depan pintu, itu adalah salah satu cara menilai seseorang dari  senyuman atau sapaan balik," kata Avalon Irizarry, pramugari dari American Airlines.

Pramugari juga memerhatikan barang bawaan yang dibawa penumpang, baik jumlahnya maupun ukurannya. Salah satu alasannya adalah untuk memastikan penumpang menaati aturan soal barang bawaan yang akan ditempatkan di bagasi kabin.

Apakah Anda minum alkohol sebelum terbang? Pramugari akan segera menyadarinya. Saat naik pesawat, jika seseorang sepertinya mabuk dan berpotensi mengganggu, atau agresif, penting bagi pramugari untuk cepat mengetahuinya untuk menghindari konflik.

Namun tak hanya pengganggu yang diamati, pramugari juga mempehartikan orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti orangtua, bayi atau orang sakit.

Baca juga: Apa Hal Terlarang yang Dilakukan Awak Kabin di Pesawat?

Begitu Anda menginjakkan kaki di pesawat, pramugari biasanya sudah bisa menginterpretasi suasana hati dan energi Anda.Tuned_In Begitu Anda menginjakkan kaki di pesawat, pramugari biasanya sudah bisa menginterpretasi suasana hati dan energi Anda.
Jika melihat pramugari menatap Anda dari atas ke bawah, kemungkinan itu karena mereka memerhatikan pilihan pakaian dan aksesori yang Anda kenakan. "Anda akan terkejut dengan apa yang orang kenakan!" kata Irizarry.

Uniknya, cara berpakaian dan dandanan orang-orang yang seringkali tidak praktis untuk bepergian justru menjadi hiburan yang menarik.

Irizarry juga menunjukkan perhatian pramugari pada sandal jepit. "Petugas penerbangan memiliki hal ini untuk menutupi kaki Anda. Mereka juga memerhatikan penumpang yang berjalan di sekitar kabin atau masuk ke kamar kecil tanpa sepatu, karena kita tahu betapa kotornya lantai itu!"

Petugas penerbangan juga hebat dalam mengeluarkan penumpang yang terlalu menuntut atau ingin diperlakukan spesial. "Terkadang, kita sudah melihat mereka di gerbang berbicara dengan agen, atau sudah meminta perlakuan khusus begitu naik pesawat. Di kelas pertama, kami melihat orang-orang yang mencoba menarik perhatian Anda karena mereka ingin jas mereka segera digantung," kata Irizarry.

Karena pramugari memang dilatih untuk mengamati hal-hal tersebut, maka jangan heran kalau suatu ketika Anda menjadi perhatian karena penampilan yang unik atau tingkah laku yang aneh...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com