Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2017, 13:15 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang ingin disukai, karena dengan begitu mereka akan memiliki banyak teman. Namun, seringkali kita tidak sadar melakukan hal-hal yang teryata membuat teman menjauh. Nah, lima hal berikut ini bisa membuat orang lain langsung kesal alias ilfeel sama kita lho:

1. Posting terlalu banyak foto di media sosial

Meski Anda merasa diri menarik dan keren, tapi mengunggah terlalu banyak foto mungkin akan menjauhkan Anda dari orang lain. Demikian menurut sebuah studi terhadap 508 pengguna Facebook. Mengunggah terlalu banyak foto keluarga akan menjauhkan teman dan mengunggah terlalu banyak foto teman akan menjauhkan keluarga. Jadi, simpan beberapa foto hanya untuk Anda.

2. Mengaku kenal dengan orang ternama

Punya kenalan orang ternama, entah artis, atlet atau pejabat, memang membanggakan. Tapi, jangan berlebihan membanggakannya. Semakin sering Anda pamer memiliki hubungan dengan pesohor, maka kita akan makin kurang disukai. 

3. Rendah hati palsu

Kebanyakan orang melakukan ini dalam wawancara kerja, mengatakan hal-hal seperti “Saya pekerja keras” atau “Saya memiliki kepedulian”. Sebuah studi di Harvard menunjukkan bahwa hal itu justru akan menutup peluang mendapatkan pekerjaan. Sebaliknya, coba sebutkan kelemahan yang bukan pemicu masalah.

4. Menyembunyikan perasaan

Orang yang kurang ekspresif menampilkan emosinya ternyata kurang disukai. Hal itu dibuktikan dalam studi yang memperlihatkan pada para pelajar dua video berbeda wajah seorang aktor. Aktor itu akan menunjukkan emosi atau tetap tanpa emosi, sementara pelajar menonton adegan lucu atau sedih dari sebuah film. Siswa menilai aktor emosional lebih disukai. Barangkali orang yang tanpa ekspresi dianggap menyembunyikan sesuatu.

5. Malas senyum

Sebuah studi merekrut 100 siswa dan menunjukkan foto-foto orang yang berpose. Peneliti menemukan tak peduli bagaimana orang dalam foto tersebut berpose, orang sangat menyukai mereka jika mereka tersenyum.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com