Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2017, 10:27 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Siapa sangka, panjang jari tangan bisa memprediksi seberapa hebat kemampuan seseorang dalam bidang olahraga. Memang aneh, tapi penelitian ilmiah membuktikannya.

Menurut penelitian, bila panjang jari manis dan telunjuk sama, Anda akan semakin jago olahraga. Sebaliknya, kalau jari manis dan telunjuk tidak sama panjang dengan selisih yang cukup besar, Anda mungkin kurang mahir berolahraga.

Bagaimana panjang jari tangan seseorang memengaruhi kemampuannya dalam berolahraga? Sebelumnya kita harus tahu bahwa panjang setiap jari ditentukan pada fase awal perkembangan janin atau pada trimester kedua kehamilan. Hal ini diatur oleh keseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen.

Jari manis yang sedang bertumbuh memiliki jumlah reseptor atau penerima hormon testosteron yang banyak. Oleh karena itu, semakin banyak hormon testosteron yang dihasilkan janin, maka jari manis akan tumbuh makin panjang.

Secara umum, orang-orang dengan jari telunjuk dan jari manis yang sama rata cenderung memiliki kemampuan olahraga yang lebih baik.

Perbandingan panjang telunjuk dan jari manis disebut sebagai selisih panjang jari. Misalnya, panjang telunjuk 7 sentimeter (cm) dan panjang jari manis 7,5 cm. Maka selisih jari manis dan telunjuk Anda adalah 0,5 atau setengah cm.

Baca juga : Menurut Riset Terbaru, Inilah 5 Olahraga Terbaik

Pada tahun 2001, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pemain sepak bola profesional memiliki selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil dibandingkan dengan orang yang bukan atlet olahraga. Maksudnya, kedua jari tersebut hampir sama tinggi atau memang sama tinggi.

Meskipun terdapat variasi dalam berbagai olahraga, penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang dengan selisih panjang jari yang lebih kecil cenderung lebih baik dalam bola basket, lari, gulat, surfing, renang, tenis, dan bola voli.

Ilustrasi jari tangantomodaji Ilustrasi jari tangan
Hubungan antara panjang jari dengan kemampuan olahraga ini tidak hanya diamati pada atlet laki-laki, tetapi pada atlet perempuan juga.

Panjang jari dianggap sebagai ukuran untuk memperkirakan seberapa banyak kadar hormon testosteron yang Anda dapatkan selama berkembang dalam kandungan. Hormon testosteron sendiri sangat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan beberapa organ tubuh seperti otak, jantung, otot, dan tulang.

Pertumbuhan organ-organ tersebut secara sempurna nyatanya bisa membuat kemampuan atletik seseorang jadi maksimal.

Selain itu, banyak penelitian membuktikan bahwa orang dengan selisih panjang telunjuk dan jari manis yang lebih kecil cenderung memiliki kemampuan visual, spasial (pemetaan ruang atau tata letak), serta kognitif yang lebih baik.

Kemampuan-kemampuan tersebut sangat penting dalam olahraga, di mana para atlet harus mampu membaca permainan, mengatur strategi, serta membuat keputusan dalam waktu singkat.

Namun, bukan berarti orang yang panjang jari manis dan telunjuknya terpaut jauh pasti tidak jago olahraga. Performa olahraga itu sangat bisa dilatih, kok. Kuncinya adalah rutin latihan dan menjalani gaya hidup sehat agar tubuh bisa menunjang aktivitas Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com