Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2017, 10:09 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Bila Anda terbiasa makan sendiri, lebih baik ubah kebiasaan itu. Ajaklah teman atau kerabat untuk makan bersama, atau bergabunglah dengan rekan-rekan Anda.

Dilansir dari Jurnal Obesity Research and Clinical Practice, orang yang makan sendirian setidaknya dua kali dalam sehari, berisiko besar mengidap gangguan metabolisme daripada mereka yang sering makan bersama orang lain.

Baca juga : Rutin Makan Bareng Keluarga, Banyak Manfaatnya!

Gangguan metabolisme berisiko besar terhadap kesehatan. Sindrom ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, kolesterol, meningkatkan penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Riset menyebutkan bahwa risiko makan sendirian ini berpengaruh lebih besar pada pria dibanding wanita. Pria yang makan sendiri berisiko 45 persen lebih besar mengalami obesitas dan 64 persen lebih besar menderita gangguan metabolisme.

Sementara itu, wanita yang makan sendirian berisiko mengalami gangguan metabolisme sebesar 29 persen.

Baca juga : 5 Cara Mencegah Makan Berlebihan

Namun, para peneliti juga menemukan bahwa peningkatan risiko ini tidak signifikan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor seperti pendapatan dan gaya hidup.

Periset juga berkata bahwa faktor gaya hidup yang berperan besar dalam gangguan metabolisme ini antara lain diet dan stres.

Baca juga : 4 Cara Meningkatkan Metabolisme Agar Mudah Langsing

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com