Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2017, 12:16 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Dengan fokus serupa yakni pada teknologi mutakhir dan desain berkelas, maka industri jam tangan dan otomotif dinilai sebagai dua hal yang cocok. Tak heran keduanya disandingkan dalam satu seri.

Tengoklah perpaduan antara arloji Roger Dubuis dan mobil super Lamborghini: Kedua merek ini dikenal dengan performa, harga dan kualitasnya yang luar biasa.

Jika TAG Heuer adalah produk jam tangan yang sejak lama dikaitkan dengan balap mobil sekelas F1, maka merek arloji Breitling dan mobil lux Bentley memiliki hubungan serupa dalam hal akurasi dan kemewahan.

Selain itu, Asosiasi Formula Satu (F1) menyediakan berbagai teknologi canggih dan material eksotis untuk perusahaan jam tangan. Misalnya, kolaborasi antara pembuat arloji Richard Mille dengan tim McLaren-Honda Formula One yang memproduksi jam RM 50-03. Hasilnya, arloji dengan arsitektur mekanik yang menyerupai suspensi mobil balap mereka.

Hublot Techframe Ferrari 70 Years Tourbillon Chronograph hublot Hublot Techframe Ferrari 70 Years Tourbillon Chronograph
Tahun ini, kerjasama antara pembuat arloji dan pabrikan motor sport menghadirkan kembali produk-produk baru. Untuk memperingati hari jadi Ferrari ke 70 misalnya, Hublot memberi kebebasan Flavio Manzoni, arsitek dan desainer mobil Italia, untuk mengembangkan produk jam tangan merek Hublot Techframe Ferrari 70 Years Tourbillon Chronograph.

Arloji yang dirancang di pusat desain Ferrari di Maranelli, Italia, dan diproduksi oleh pembuat jam di Nyon, Swiss ini mengadaptasi susunan kisi-kisi kerangka mobil Ferrari yang unik.

Jam tangan ini memadukan materi berkualitas tinggi, seperti perpaduan campuran emas King Gold dari Hublot dan PEEK (polyether ether ketone, yaitu material karbon komposit) disertai penggerak arloji performa tinggi yang disebut HUB6311 monopusher chronograph.

Bulgari Octo Maserati GranSportbulgari Bulgari Octo Maserati GranSport
Pada Frankfurt Motor Show Jerman musim panas lalu, Bulgari mengeluarkan seri terbatas  model Octo Maserati GranSport dan GranLusso kerjasama dengan Maserati. Tampilan dan mekaniknya sama seperti seri Octo sebelumnya, hanya saja model baru ini memiliki lambang trisula Maserati yang terkenal.

Meniru panel-panel instrumen dasbor, produk tersebut penunjuk jam istimewa, yakni hanya separuh. Ini merupakan sebuah penemuan cerdas oleh desainer Gérald Genta yang biasa menciptakan model ikonik untuk jam tangan.

Jaguar E Type dan Bremont MKII chronographbremont Jaguar E Type dan Bremont MKII chronograph
Desain arloji kolaborasi antara merek Bremont dari Inggris dengan Jaguar juga merupakan turunan dari instrumen mobil seri E-Type yang legendaris. Jaguar meminta Bremont mengembangkan jam tangan ini untuk menandai kembalinya seri E-Type model terbaru.

Bremont bekerja langsung dengan Ian Callum, direktur desain Jaguar, untuk memastikan bahwa jam tangan tersebut selaras dengan mobil indah yang pernah menjadi yang tercepat di dunia tersebut.

Hasilnya adalah arloji putih Bremont MKII chronograph dengan tali 'racing' kulit dengan pelisir merah yang terinspirasi Jaguar E-Type.

Pada akhir tahun ini, Roger Dubuis juga berkerja sama dengan Lamborghini untuk meproduksi the Excalibur Aventador S. Penggerak jam ini mengadaptasi mesin Aventador yang garang. Sedangkan detail-detailnya mengambil warna Lamborghini yang sangat flamboyan. Seperti sebuah mobil Lamborghini, Roger Dubuis menggabungkan kecepatan dan gaya dalam sebuah jam.

Roger Dubuis dan Lamborghini Excalibur Aventador Sroger dubuis Roger Dubuis dan Lamborghini Excalibur Aventador S

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com