Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2017, 12:20 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - "Too much stress will kill you". Ini adalah fakta yang tak terbantahkan. Sudah banyak kita dengar orang yang menderita penyakit tertentu dan tidak jelas diagnosisnya dan dokter menyebut penyebabnya karena stres.

Bagaimana sebenarnya pengaruh tekanan mental atau stres pada tubuh kita?

1. Mengacaukan sistem pencernaan
Berbagai penelitian menyebutkan ada kaitan antara otak dengan sistem pencernaan kita. Bahkan, sistem pencernaan sering disebut sebagai "otak kedua". Tak heran jika saat sedang stres atau cemas, kita sering merasa sakit perut, mual, atau pun sulit buang air besar.

2. Memperburuk PMS
Terlalu banyak tekanan pikiran bisa memperburuk kram, kembung, dan juga mood yang tidak stabil saat sedang akan haid.

3. Memperburuk gula darah
Kabar buruk bagi Anda yang menderita diabetes tipe 2. Saat kita sedang stres, tubuh akan dibanjiri hormon stres. Sementara itu, liver akan memproduksi lebih banyak glukosa untuk memberi kita energi menghadapi stres. Kebanyakan orang bisa menyerap kembali gula darah itu, tapi tidak demikian dengan mereka yang beresiko diabetes atau mengidap diabetes tipe 2. Akibatnya kadar gula darah pun akan melonjak.

4. Rasa nyeri
Otot menegang, sakit kepala, dan juga rasa nyeri lain, akan lebih terasa saat kita sedang stres. Meski tubuh kita memang memiliki mekanisme untuk menghadapi momen stres dan juga bereaksi dengan cepat, tetapi stres itu tidak dimaksudkan dalam jangka panjang. Tak heran jika yang dirasakan adalah nyeri kronik.

5. Risiko serangan jantung
Saat kita sedang tegang dan stres, detak jantung akan lebih cepat dan hormon stres diproduksi lebih banyak. Dalam jangka panjang hal ini meningkatkan risiko serangan jantung atau hipertensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com