Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Sepatu yang Akan Dikenakan Putri Jokowi Saat Resepsi

Kompas.com - 05/11/2017, 08:43 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Nasution tinggal menghitung hari. Berdasarkan keterangan pada jumpa pers (30/10/2017), kedua mempelai akan mengenakan busana Solo Basahan saat resepsi.

Sebagai pelengkap busana, pihak penyelenggara telah memesan sepatu untuk keperluan kostum pernikahan putri semata wayang RI 1, Kahiyang Ayu, pada tanggal 8 November mendatang.

Desain sepatu disesuaikan dengan busana Solo Basahan yang akan digunakan. Rumah Sepatu Winna, sebuah industri rumahan di Solo, dipilih oleh pihak penyelenggara untuk membuat sepatu yang akan dikenakan oleh pengantin pada malam resepsi.

"Kami tidak hanya membuat sepatu untuk pengantin. Tapi, kami juga membuat sepatu untuk Mas Gibran, Pak Jokowi, Mas Kaesang, dan Jan Ethes," ucap Lasmono, pemilik Rumah Sepatu Wina.

Sepatu yang akan digunakan oleh kedua mempelai tersebut berbentuk selop dengan dominasi warna hitam dan hiasan payet berwarna emas.

"Bagian permukaan sepatunya terbuat dari beludru dan solnya terbuat dari fiber," tambah lelaki berusia 62 tahun tersebut.

Baca juga : Pernikahan Putri Jokowi akan Bergaya Solo Klasik

Miasih, istri dari Lasmono yang turut membantu proses pembuatan sepatu tersebut, mengatakan bahwa ukuran sepatu yang dikenakan oleh Kahiyangadalah 41 dengan tinggi heels 5 cm.

"Untuk ukuran sepatu yang digunakan mempelai lelaki ukuran 43," tambah Mia.

Lasmono juga bercerita bahwa pesanan sepatu tersebut tergolong mendadak. Pemesanan baru dilakukan seminggu yang lalu dan harus dikirimkan pada hari Minggu (05/11/2017).

Sepatu yang dipakai Jokowi saat resepsi KahiyangAnggrek Sepatu yang dipakai Jokowi saat resepsi Kahiyang
Berbeda dengan alas kaki yang dikenakan pengantin, Presiden Jokowi dan kedua putranya beserta cucunya akan menggunakan selop warna hitam polos pada resepsi tersebut.

"Untuk Pak Jokowi dan kedua putranya akan memakai selop warna hitam dengan bagian permukaan yang terbuat dari kulit sapi dan sol dari karet," papar Lasmono.

Lasmono juga berkata bahwa ukuran selop yang dikenakan Jokowi berukuran 42, untuk Gibran berukuran 43 dan untuk Kaesang berukuran 45.

"Ukuran sepatu Ethes ini paling imut, hanya 11," papar pria berusia 62 tahun tersebut.

Desain alas kaki untuk cucu presiden ini sedikit berbeda dengan yang akan dikenakan oleh Jokowi dan kedua putranya.

"Untuk selop yang akan dipakai Ethes ini akan di tambah tali di bagian belakang. Talinya juga sama terbuat dari kulit. Namun, akan ditambah dengan bahan karet," ucapnya.

Perihal harga dalam pembuatan sepatu pesanan ini Lasmono tidak berani menyebut angka pastinya.

"Saya tidak berani menyebut angka pastinya. Itu biar pihak penyelenggara saja yang tahu," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com