Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2017, 19:53 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Banyak perusahaan harus melakukan beberapa hal untuk mencegah pelecehan seksual di tempat kerja.

Selain membuat semua karyawan merasa aman dan nyaman bekerja dengan atasan mereka, ada alasan lain mengapa perusahaan harus ikut mencegah pelecehan seksual: karena hal itu bisa menghemat pengeluaran.

Ya, tuntutan hukum seringkali menjadi salah satu biaya paling besar. Banyak kasus, terutama di Amerika Serikat, yang membuat perusahaan terpaksa ikut menanggung tuntutan karena karyawannya menjadi korban pelecehan seksual.

Namun itu bukan satu-satunya yang menggerogoti keuangan perusahaan. Berikut adalah lima hal yang membuat pelecehan seksual dapat memengaruhi keuangan perusahaan.

1. Karyawan mengundurkan diri

Karyawan akan meninggalkan perusahaan bila lingkungan kerja dianggap tidak nyaman dan mereka merasa manajemen tidak mengambil langkah untuk menyelesaikan persoalan tersebut, kata Matthew Steinberg, pengacara di Akerman LLP yang mengurus kasus pelecehan seksual.

“Perpindahan akan tinggi dan Anda akan kehilangan karyawan dengan performa bagus, karyawan yang akan meningkatkan pendapaan atau berinovasi untuk perusahaan dalam jangka waktu yang lama,” katanya. “Perpindahan juga menular.”

Biaya perpindahan karyawan sangat besar. Sebuah studi Center for American Progress, sebagai contoh, mendapati biaya perpindahan sebesar 21 persen dari gaji tahunan karyawan.

2. Produktivitas rendah

Bahkan bila seorang karyawan tidak pindah, budaya pelecehan seksual dapat menurunkan semangat kerja dan produktivitas, serta meningkatkan ketidakhadiran. Mereka yang mengalami pelecehan bisa jadi tidak merasa nyaman berada di tempat kerja, sehingga tingkat kehadirannya menurun.

Ilustrasi pelecehan seksualthodonal Ilustrasi pelecehan seksual
Andai hadir pun, mereka akan kurang fokus pada pekerjaannya karena ada perasaan was-was. Dan ini tentu berimbas pada produktivitas kantor, yang akhirnya berdampak pada keuangan.

3. Masalah citra

Bagi perusahaan yang tengah mencari pendanaan, atau memerlukan citra yang baik untuk jualannya, jejak pelecehan seksual dapat berdampak pada apakah mereka mendapatkan uang atau tidak.

"Mengingat beberapa publisitas seputar kasus cukup tinggi dan potensi tuntutan hukum serta pertanggungjawaban yang signifikan, hal itu mungkin berdampak pada valuasi perusahaan," kata Steinberg.

4. Konsumen hilang

Halaman:
Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com