Lebih Sehat dan Bahagia Bila Bergabung Dalam Klub Olahraga - Kompas.com

Lebih Sehat dan Bahagia Bila Bergabung Dalam Klub Olahraga

Ayunda Pininta
Kompas.com - 06/11/2017, 09:36 WIB
Ilustrasi olahraga bersamag-stockstudio Ilustrasi olahraga bersama

KOMPAS.com - Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga memiliki manfaat kesehatan mental yang baik. Rutin berolahraga dapat menurunkan stres, memperbaiki mood dan bahkan mengurangi gejala depresi dan kecemasan, karena olahraga mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Tetapi, sebuah penelitian baru menemukan bahwa manfaat kesehatan mental dari olahraga akan lebih efektif bila Anda bergabung dalam klub olahraga atau kelas olahraga.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan dalam Journal of the American Osteopathic Association menemukan bahwa orang-orang yang mengikuti klub atau kelas olahraga, melaporkan manfaat kesehatan fisik yang lebih baik, termasuk kesehatan emosional dan mental yang lebih nyata, ketimbang mereka yang berolahraga sendiri atau mereka yang tidak berolahraga.

Baca juga : Menurut Riset Terbaru, Inilah 5 Olahraga Terbaik

Peneliti dari Universitas New England College of Osteopathic Medicine, melibatkan 69 mahasiswa sekolah kedokteran tahun pertama dan kedua. Satu kelompok mahasiswa bergabung dalam satu kelas latihan inti atau klub olahraga dengan sesi latihan setidaknya 30 menit setiap minggu.

Kelompok yang lain berolahraga sendiri setidaknya dua kali seminggu. Sedangkan kelompok ketiga tidak melakukan aktivitas fisik selain berjalan kaki atau bersepeda untuk transportasi. Para mahasiswa diizinkan untuk memilih kelompok mereka sendiri.

Usai melakukan rutinitas yang dipilih, mahasiswa mengisi survei tentang tingkat stres mereka secara berkala setiap empat minggu dan mengisi survei tambahan tentang kesehatan fisik, emosional dan mental mereka. Setelah 12 minggu, para peneliti menentukan kelompok mana yang mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga : Olahraga yang Efektif Meningkatkan Kesuburan Pria

Ilustrasi olahraga bersamaRawpixel Ltd Ilustrasi olahraga bersama
Penelitian menunjukkan bahwa memiliki teman selama berolahraga membuat mahasiswa mampu mengeluarkan keringat lebih banyak. Peneliti meyakini bahwa kehadiran orang lain atau anggota kelompok olaharaga dapat membuat seseorang lebih terpacu untuk mencapai batas tertentu, sehingga kesehatan fisik bisa lebih baik.

Selain itu, semangat yang dialirkan oleh anggota kelompok olahraga lainnya, dapat menciptakan perasaan positif, sehingga mengurangi stres dan tekanan. Termasuk, musik dan gerakan yang mungkin dihadirkan selama olahraga berkelompok, dapat menciptakan rasa senang.

Dan semua perasaan positif yang didapat tadi berdampak pada kehidupan sehari-hari mahasiswa, yaitu mahasiswa lebih mungkin untuk merasa bahagia dan rendah stres.

Baca juga : Kapan Waktu Olahraga Terbaik Agar Berat Badan Cepat Turun?

Walau demikian, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti ada kemungkinan bahwa mahasiswa yang memilih kelas olahraga memang lebih menyukai latihan kelompok. Tetapi peneliti tetap menekankan bahwa bergabung dalam kelas olahraga dapat menjadi pereda stres yang baik usai menjalani minggu yang penuh.

PenulisAyunda Pininta
EditorWisnubrata
SumberHealth
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM