Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2017, 07:47 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Musim dingin bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi juga mengacaukan mood. Bila sejak awal kita sedang memiliki masalah, penurunan suhu di musim dingin dapat menghilangkan minat dan semangat.

Jonathan Alpert, psikoterapis asal Amerika, menerangkan bahwa fenomena tersebut adalah suatu gejala yang biasa disebut dengan seasonal affective disorder atau SAD. Ia banyak menemui pasien dengan gangguan SAD ketika musim dingin cukup parah di tahun 2014.

"Ini semacam gangguan mood yang umumnya terjadi pada saat musim dingin. Namun, bisa juga terjadi pada saat musim-musim lainnya," ucapnya.

Alpert juga mengatakan bahwa SAD ini merupakan bentuk depresi musiman atau terjadi pada musim tertentu. Inilah yang membedakannya dengan bentuk depresi lainnya. Perasaan sedih dan tak bersemangat ini di negara empat musim biasanya dimulai di akhir musim gugur dan terus berlanjut selama musim dingin.

"Pada saat cuaca dingin, masyarakat cenderung malas keluar rumah dan lebih memilih banyak tidur. Saat itulah orang-orang biasanya sulit berkonsentrasi dan merasa putus asa," tambahnya.

Menurut Alpert, penderita SAD juga mungkin kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya mereka sukai dan hanya memilih bermalas-malasan saja. Inilah yang juga menyebabkan berat badan bisa bertambah.

Inilah 6 hal yang bisa Anda lakukan untuk melawan SAD.

1. Pergilah ke luar rumah

Meskipun cuaca sedang dingin, keluarlah dan berjalanlah paling tidak selama 10 menit dalam sehari. Cahaya matahari yang memasuki otak melalui mata dan memengaruhi sintesis serotonin dan dopamin. Serotonin dan dopamin ini adalah dua hormon yang berperan dalam mood.

2. Bergeraklah

Pergilah ke gym atau berolahraga. Latihan aerobik khususnya dapat merangsang endorfin dan membantu Anda untuk merasa lebih baik. Ini juga cara yang tepat untuk melawan stres. Dengan pergi ke gym, Anda juga bisa berinteraksi dengan orang-orang yang sedang berlatih. Interaksi sosial juga mampu membantu depresi.

Baca :Lawan Depresi dengan Olahraga

3. Pergi ke luar kota

Perjalanan akhir pekan ke tempat baru yang memiliki suasana berbeda juga bisa mendatangkan keajaiban. Alpert biasanya menyarankan kepada seluruh pasien SADnya untuk merencanakan liburan di akhir pekan ke kota lain yang jaraknya tak terlalu jauh untuk menghemat biaya. Mungkin, Anda juga bisa melakukan hal yang sama dengan mengunjungi keluarga atau sahabat di kota lain. Selain mendapat suasana baru, bertemu dengan teman dekat juga menceriakan hati.

4. Mendekat ke jendela

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com