Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2017, 15:19 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Secangkir kopi di pagi hari mungkin akan memberi kesegaran serupa seperti  berolahraga selama satu jam. Namun dalam jumlah berlebih, kopi justru akan merugikan penikmatnya.

Dilansir dari Journal of Applied Social Psychology, terlalu banyak konsumsi kopi dapat menurunkan kepercayaan diri dan konsentrasi saat berada di bawah situasi penuh tekanan. Ini tentu bertentangan dengan kepercayaan para penggila kopi.

Tapi, bukan berarti Anda harus berpaling dari minuman itu. Sebuah riset terbaru menunjukan bahwa kopi bisa menjadi stimulan yang sangat membantu bila dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang benar. Apa saja gunanya?

Inilah 9 manfaat menakjubkan yang bisa Ada dapatkan dari kopi.

1. Melawan kanker

Sebelumnya, kopi diduga sebagai zat karsinogen. Namun, pendapat tersebut dibantah oleh The World Health Organization yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara kopi dengan penyebab kanker.

Ilustrasi kopi dan hatiamenic181 Ilustrasi kopi dan hati
Faktanya, setelah meninjau lebih dari 1000 riset, organisasi kesehatan dunia tersebut menemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 15 persen.

Baca juga : Secangkir Kopi Tiap Hari Kurangi Risiko Kanker Hati

2. Membantu mengatasi kerusakan hati karena alkohol

Terlalu banyak konsumsi alkohol bisa menyebabkan kerusakan hati. Untuk membantu mengatasinya, Anda bisa meminum kopi. Menurut tinjauan dari 9 riset tentang kopi, minum kopi ternyata dapat mengurangi kerusakan hati akibat kecanduan alkohol.

Minuman beralkoholGeorgeRudy Minuman beralkohol
Secara keseluruhan, para peneliti telah mengamati lebih dari 430.000 peserta dan menemukan bahwa minum dua cangkir kopi sehari mengurangi risiko sirosis hati hingga 44 persen.

Penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa penambahan konsumsi kopi setiap harinya akan semakin menurunkan risiko sirosis.

Satu cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko sirosis hingga 22 persen, sedangkan dua cangkir kopi dapat menurunkan risiko sirosis hingga 44 persen.

Sementara itu, tiga cangkir kopi mampu menurunkan sirosis hinga 57 persen. Bahkan, empat cangkir kopi mampu menurunkan hingga 65 persen.

Walau demikian, terlalu banyak kopi akan berakibat buruk bagi bagian tubuh lainnya.

Baca juga : Apa Pengaruh Kopi Untuk Hati Anda?

3. Membakar lemak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com