Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2017, 14:07 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis


KOMPAS.com - Setiap pilihan yang kita buat secara tidak sengaja mengungkapkan sesuatu tentang pemikiran dan kecenderungan pikiran kita. Misalnya saja soal cara berjalan. Bukan hanya menunjukkan seberapa sibuk kita, tapi juga sedikit banyak mengungkapkan kepribadian.

Sebuah studi terbaru dilakukan untuk melihat kaitan antara bagaimana cara orang berjalan dengan kepribadiannya. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 15.000 orang dewasa berusia 25-100 tahun sebagai sampel.

Dilansir dari Sage Journal, cara seseorang berjalan ternyata bisa mengatakan tentang siapa orang itu sebenarnya.

Mereka yang berjalan dengan cepat cenderung memiliki kepribadian ekstrovert, teliti dan terbuka terhadap pengalaman baru. Sementara orang-orang neurotik (mudah gelisah) cenderung berjalan dengan lambat.

Studi tersebut juga menemukan bukti kuat bahwa kecepatan berjalan di masa dewasa mencerminkan sebagian kepribadian individu.

Penelitian ini terkesan cukup rasional. Tapi, temuan ini hanya menunjukkan korelasi bukan sebab-akibat. Jadi, mengubah kecepatan berjalan tidak langsung mengubah kepribadian Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com