Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2017, 15:41 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berpuluh-puluh tahun menjadi mainan ternama bagi anak perempuan, kini boneka barbie telah merilis figur wanita berhijab pertamanya. Mattel, perusahaan AS yang memproduksi Barbie, memilih sosok pemain anggar wanita Amerika, Ibtihaj Muhammad, sebagai inspirasinya.

Ibtihaj adalah seorang atlet anggar putri AS peraih medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro yang pertama kali mengenakan hijab saat bertanding. Ia juga merupakan duta olahraga dan bekerja di the US State Department’s Empowering Women and Girl berkat kemampuannya dalam bermain anggar.

Lewat akun twitternya, Ibtihaj Muhammad mengatakan bahwa dia bangga sosoknya dijadikan inspirasi dalam figur Barbie tersebut.

Boneka Barbie berhijab tersebut akan tersedia secara online pada musim gugur 2018. Boneka itu adalah bagian dari Barbie "Shero" yang didedikasikan untuk wanita berprestasi yang berani tampil berbeda. Sebelumnya, perusahaan tersebut telah merilis Barbie yang terinspirasi dari sosok Gabby Douglas (atlet gymnastik Amerika) dan Selma (direktur Ava DuVernay).

"Kami sangat bersemangat untuk menghormati Ibtihaj Muhammad dengan boneka Barbie ini. Ibtihaj telah terus menjadi inspirasi bagi wanita dan anak perempuan di mana pun untuk melawan batasan," tulis Mattel lewat akun Twitter resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com