Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Penampilan Jam Tangan Tertipis di Dunia?

Kompas.com - 17/11/2017, 19:33 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain model dan tampilan yang menarik, jam tangan seharusnya nyaman saat dipakai agar tak mengganggu aktivitas. Salah satu bentuk kenyamanan dari jam tangan adalah ukurannya ringan.

Peluang itu dilihat oleh Citizen, produsen jam tangan asal Jepang, yang akhirnya menciptakan Eco-Drive One. Seri terbaru Eco-Drive ini diklaim sebagai jam tangan tangan paling tipis di dunia.

"Untuk mesin sendiri hanya 1 milimeter. Setelah digabung dengan case dan tutup tinggal nambah 1,98 milimeter. Jadi total semua 2,98 milimeter. Jam ini sudah dinobatkan jam tertipis di dunia," kata Brand Manager Citizen Indonesia, Lilis Chen kepada Kompas Lifestyle dalam acara pembukaan gerai Citizen di Mal Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Chen menjelaskan, jam ini diluncurkan pada tahun 2016 lalu dilengkapi teknologi terkini dari Citizen. Sesuai dengan namanya, teknologi yang dipakai adalah Eco-Drive.

Teknologi ini disebut ramah lingkungan karena memanen energi listrik dari cahaya, baik sinar matahari atau  sinar lampu. Untuk pengisian selama satu hari, jam bisa disebut dipakai hingga satu tahun.

Seri termahal dari Eco-Drive One adalah AR5014-04E dengan harga 6.000 dollar Amerika Serikat (AS). Seri termahal itu dijual terbatas karena case yang memiliki material campuran ceramic dan metal (cermet), strap dari kulit buaya hingga kaca kristal sapphire.  Sayangnya, seri ini di Indonesia belum tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com