Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Penonton Pakai Batik di Gigs, Sangat Menyenangkan..."

Kompas.com - 19/11/2017, 19:46 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Iga Massardi, pentolan grup musik Barasuara, merasa bangga melihat orang-orang datang ke konser dengan mengenakan batik. Rasa bangga campur senang itu tak lepas dari batik yang lekat dengan Iga. Vokalis dan gitaris ini tak pernah absen mengenakan batik setiap kali Barasuara manggung.

"Awalnya mungkin biar samaan sama gue, tapi di sisi lain jadi suatu hal menyenangkan. Penonton bisa pakai batik di gigs, itu sangat menyenangkan," kata Iga kepada Kompas Lifestyle sebelum manggung di konser Big Bang PassionVille 2017, Yogyakarta, Sabtu (18/11/2017).

Meskipun menginspirasi pemakaian batik bukan tujuan awal Iga, baginya fakta itu merupakan nilai tambah terwujudnya cita-cita agar batik tak melulu dianggap sebagai pakaian formal. Tak harus malu mengenakan batik di acara musik sekali pun.

Kendati demikian, ada alasan menggelitik yang akhirnya membuat Iga mulai jarang menggunakan batik saat menghadiri acara seperti pernikahan.

"Saya akhirnya kondangan pakai jas, enggak pakai batik. Karena waktu itu pernah kondangan pakai batik, terus dikira abis manggung di mana," katanya sambil tertawa.

Barasuara menjadi salah satu musisi yabg mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Sabtu (28/10/2017).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Barasuara menjadi salah satu musisi yabg mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Sabtu (28/10/2017).
Saat ini, Iga memiliki sekitar delapan set batik yang semuanya merupakan koleksi dari butik batik Negarawan. Iga sendiri tak memiliki motif kesukaan, melainkan lebih terbuka dan memilih warna-warna cerah untuk mendukung pencahayaan di panggung.

"Tapi memang pasti akan tambah batik lagi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com