Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 13:40 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com — Mantan anggota Navy SEAL (pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat) Clint Emerson, penulis 100 Deadly Skills: The SEAL Operative's Guide to Eluding Pursuers, Evading Capture, and Surviving Any Dangerous Situation, menjelaskan alasan mengapa kita sebaiknya mengakhiri mandi dengan air dingin.

Menurut Emerson, bukan hal baru bahwa mandi air dingin dapat membuat kita terbangun,  tetap terjaga, dan merasa lebih segar. Namun, di luar itu, air dingin memiliki manfaat lebih besar.

Dalam pelatihan SEAL, kata Emerson, para calon anggota seringkali melakukan kegiatan  dalam air dingin. Dan itu bukan tanpa alasan. Ada beberapa tujuan di balik latihan yang gila itu.

“Salah satunya adalah untuk mempercepat pemulihan badan. Itu juga alasan atlet profesional mengakhiri latihan dengan air dingin sepanjang waktu setelah latihan, yakni agar ototnya lebih cepat pulih.”

“Air dingin menyempitkan pembuluh darah seluruh tubuh, menghilangkan semua asam laktat sehingga Anda bisa merasa segar untuk beraktivitas kembali keesokan harinya dan bersiap untuk mengikuti pelatihan hari berikutnya.”

Emerson menambahkan bahwa mandi air dingin merupakan sebuah terapi. Meskipun cukup menyiksa, terapi ini membuat seseorang tetap sehat—menjaga persendian dan pembengkakan.

“Serta memungkinkan Anda terus melangkah maju, dengan harapan tanpa cedera lagi."

Baca juga : Rutin Mandi Air Dingin, Masalah Kulit Cepat Tuntas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com