Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 15:57 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber nypost.com

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa terlalu banyak berpesta membuat kulit menjadi kusam.

Begadang semalam suntuk karena berpesta, akan berefek negatif pada kulit wajah. Tapi, jangan khawatir, ada beberapa cara untuk meminimalkan dampak buruk itu.

Ahli gizi Cassandra Barns mengungkapkan rahasia kulit wajah tetap sehat meskipun melewatkan semalam penuh tanpa tertidur saat pesta akhir tahun.

"Terlalu banyak alkohol dan makanan manis, ditambah dengan gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga dan begadang, dapat mengurangi kesehatan kulit. Kulit akan terlihat kusam, kering dan berjerawat," paparnya.

Untunglah merawat kulit adahal hal sederhana yang tidak memerlukan teknologi canggih seperti membuat roket. Walau begitu ada hal-hal wajib yang harus Anda lakukan agar kulit  selalu segar dan sehat sehingga Anda tidak bergantung pada make up.

Inilah beberapa tips sederhana untuk merawat kesehatan kulit.

1. Gantilah kopi dengan teh hijau

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

Cuaca yang berubah-ubah membuat kulit bekerja lebih keras. Untuk menyeimbangkan suhu, seluruh cadangan air di dalam kulit akan menguap dan membuat kulit menjadi kering.

Konsumsi alkohol juga membuat kulit menjadi kering. Untuk membuang zat-zat beracun yang terkandung dalam alkohol, tubuh mengeluarkan banyak air.

Sementara itu, kita seringkali mengkonsumsi kopi saat merasa lelah usai berpesta. Padahal, kafein dalam kopi juga membuat kulit dehidrasi karena kopi membuat kita ingin pipis.

Jadi, gantilah kopi dengan secangkir teh hijau. Teh hijau bermanfaat sebagai anti oksidan yang berfungsi untuk mencegah penuaan. Selain itu, teh hijau mengandung kafein yang lebih sedikit daripada teh hitam.


2. Perbanyak konsumsi air putih

Ilustrasi air putihYSedova Ilustrasi air putih

Dehidrasi akan berdampak buruk pada kulit. Untuk mengatasinya, perbanyaklah konsumsi air putih. Ini adalah langkah sederhana dan efektif.

Cassandra menyarankan agar kita mengkonsumsi 2 liter air putih setiap harinya.

"Anda juga bisa menyeduh teh herbal, air perasan lemon hangat dan jahe segar sebagai selingan," paparnya.

Halaman:
Sumber nypost.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com