Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pola Makan yang Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 21/11/2017, 22:05 WIB
Wisnubrata

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Makanan dan minuman yang Anda konsumsi sebelum tidur berpengaruh terhadap kualitas tidur di malam hari. Itu sebabnya, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat agar bisa tidur nyenyak setiap malam. Simak tipsnya dalam artikel ini.

1. Hindari kopi, soda, dan minuman berenergi

Efek kafein pada setiap orang berbeda-beda tergantung pada tingkat sensitivitas seseorang terhadap kafein. Meski begitu, secara umum kafein adalah hal paling utama yang harus dihindari jika ingin tidur nyenyak. Pasalnya, kefein merupakan stimulan yang bisa membuat Anda terus terjaga.

Ilustrasi minum kopiflil Ilustrasi minum kopi
Kafein bisa ditemukan secara alami pada kopi, teh, dan cokelat. Minuman soda dan berenergi juga sering kali mengandung kafein.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan tidur nyenyak setiap malam, hindari mengonsumsi segala jenis kafein setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Namun, apabila Anda tergoda untuk menyeduh secangkir kopi di sore hari, cari cara lain untuk mengatasi rasa kantuk tersebut seperti jalan-jalan, melakukan peregangan, atau minum segelas air putih dingin.

Baca juga : Jangan Minum Kopi setelah Jam 5 Sore

2. Batasi alkohol

Meski sedikit alkohol bisa membuat tubuh merasa rileks dan mengantuk, terlalu banyak mengonsumsi minuman ini justru bukan ide baik untuk bisa cepat tidur. Pasalnya, proses metabolisme dalam tubuh akan berjalan cepat ketika kita meminum alkohol. Akibatnya, proses tidur jadi terganggu karena akan terbangun tiap beberapa saat.

Minuman beralkoholGeorgeRudy Minuman beralkohol
Tidak hanya itu, alkohol juga dapat menyebabkan kita mendengkur parah saat tertidur yang tentu saja bisa mengganggu kualitas tidur.

Baca juga : 7 Mitos Tentang Minuman Beralkohol

3. Konsumsi camilan malam tinggi karbohidrat kompleks

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, para periset menemukan bahwa mengonsumsi makan malam kaya karbohidrat kompleks akan membuat seseorang tertidur lebih cepat. Pasalnya, makanan tinggi karbohidrat kompleks bisa meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh yang membuat lebih rileks.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi
Sereal dengan susu atau roti gandum dengan selai kacang merupakan pilihan makanan yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Namun ingat, pilihlah makanan tersebut dengan bijak. Misalnya, konsumsilah seral dan susu yang rendah lemak atau tanpa lemak sema sekali.

Anda pun sebaiknya memilih selai kacang murni yang terbuat dari kacang, bukan ekstrak kacang sudah dicampur dengan bahan olahan lainnya.

4. Minum jus ceri

Pilihan lain bagi mereka yang mungkin tidak menyukai susu hangat adalah mengonsumsi jus ceri atau buah ceri segar sebelum tidur. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food menemukan bahwa minum jus ceri atau buah ceri bisa membantu seseorang mendapatkan tidur nyenyak.

Ilustrasi. Ilustrasi.
Hal ini karena buah ceri mengandung melatonin yang tinggi, yaitu zat yang diproduksi secara alami oleh tubuh untuk membantu mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk siklus tidur.

Baca juga : Susah Tidur? Coba Minum Segelas Jus Ceri

5. Atur porsi makan dan jam makan

Supaya bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari, penting untuk memperhatikan jam dan porsi makan yang tepat. Pasalnya, makan terlalu sedikit di siang hari akan menyebabkan kelaparan di malam harinya, yang justru akan membuat Anda jadi makan terlalu banyak dan berisiko mengalami gangguan pencernaan ketika tidur.

Ilustrasi makan bersamashironosov Ilustrasi makan bersama
Sedangkan apabila makan terlalu sedikit di malam hari akan membuat kita sering terbangun karena kelaparan.

Nah, itu sebabnya penting untuk makan dengan tepat waktu. Jangan lupa, perhatikan juga porsi makan setiap harinya.

Baca juga : Ingin Langsing? Jangan Pernah Lewatkan Waktu Makan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com