Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Pangeran William Tak Memakai Cincin Kawinnya

Kompas.com - 25/11/2017, 11:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

 

KOMPAS.com - Kate Middleton menggunakan cincin pertunangannya bersama dengan cicin kawin emas 18 karat miliknya. Namun coba perhatikan tangan suaminya, tidak ada cincin kawin melingkar di jarinya.

Apakah Pangeran William mencoba mengirim pesan tentang pernikahannya?

Jangan berprasangka buruk! Tangan Pangeran William yang tanpa cincin pernikahan yang melingkar di jarinya, tidak menunjukan arti apa-apa tentang komitmennya dengan sang istri.

Bahkan sebelum pasangan itu mengikat janji suci, pejabat istana mengumumkan bahwa Pangeran william tidak akan mengenakan cincin setelah pernikahan. Kate pun tidak menunjukannya selama pernikahan.

"Pasangan tersebut telah mendiskusikannya. Tapi, Pangeran William tidak menyukai perhiasan. Bahkan dia tidak pernah mengenakan cincin di jarinya dan memutuskan untuk tidak pernah menggunakannya," kata pembantu istana.

"Ini benar-benar murni pilihan pribadi Sang Pangeran," tambahnya.

Pangeran William bukanlah bangsawan pertama yang memilih untuk tidak menggunakan cincin. Kakeknya, Pangeran Philip, juga tidak memakai cincin pernikahannya, meski ia dan Ratu Elizabeth II sudah menikah hampir 70 tahun.

(Baca juga: Mengenang 20 Tahun Kematian Putri Diana)

Ayah Pangeran William, Pangeran Charles, memang memakainya. Tapi, cincin itu ia gunakan di kelingking sebagai tanda bahwa dirinya telah berkeluarga.

Pilihan Pangeran William untuk tidak memakai cincin mungkin tampak aneh menurut orang-orang zaman ini. Tapi, tukar cincin bukanlah tradisi lama yang seperti Anda pikirkan.

Tradisi memakai cincin kawin bagi wanita yang sudah menikah ini telah ada sejak zaman Mesir Kuno. Beberapa abad kemudian para lelaki mulai memakainya.

Baru pada saat Perang Dunia II, orang-orang yang berperang di luar negeri mulai mengenakan cincin karena mereka menginginkan sesuatu untuk mengingatkan mereka tentang istri dan keluarga mereka.

Memakai cincin atau tidak, status hubungan bangsawan Cambridge ini bukanlah rahasia. Diperkirakan 2 miliar orang selalu memantau berita pernikahan William dan Kate.

Jadi, keputusan Sang Pangeran tidak menggunakan cincinya ini bukanlah isyarat yang mengindikasikan apapun dalam pernikahannya. Pangeran William dan Kate telah menunjukkan bahwa mereka adalah bangsawan modern dan saling percaya satu sama lain.

Diane Clehane, penulis buku Imagining Diana mengatakan bahwa Kate meniadakan kata 'taat' dalam sumpah pernikahannya, dan William memilih untuk tidak memakai cincin. Inilah yang membuat mereka seperti pasangan modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com