Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2017, 07:36 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber liveabout

KOMPAS.com - Seiring kedekatan Anda dengan seseorang yang disuka, pasti perasaan tersebut akan semakin kuat hingga Anda merasa sudah jatuh cinta dengannya. Tapi, kapan waktu yang tepat untuk mengungkapkan rasa cinta tersebut?

Mengatakan 'Aku cinta kamu' memang bukan hal yang gampang. Tiga kata kecil tersebut bisa menghasilkan dampak yang sangat besar. Karenanya, jangan juga terlalu mudah mengucapkan "I love you".

Anda harus melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu untuk mengatakannya. Jangan sampai salah langkah.  Inilah cara untuk menentukan saat yang tepat menyatakan cinta.

1. Benar-benar mengenal orang yang Anda cintai

Jika Anda mencoba memikirkan waktu yang tepat untuk mengungkapkan cinta, penting untuk melihat seberapa dekat hubungan Anda dengannya.

Dengan kata lain, Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar mengenal orang ini secara dalam. Sehingga rasa cinta yang dirasakan untuknya memang didasarkan pada siapa dirinya yang sebenarnya, bukan berdasarkan apa yang Anda pikirkan atau berdasarkan keinginan Anda.

2. Anda telah lama bersamanya

Jika Anda telah lama mengenalnya, tunggu apa lagi untuk mengatakan 'Aku mencintaimu'. Mungkin Anda dan si dia sering bertengkar dan berselisih paham. Namun, hubungan Anda berdua masih cukup kuat untuk mengatasinya, maka inilah waktu yang tepat untuk mengatakan cinta padanya.

Singkat kata, jika Anda dan si dia masih memiliki perasaan yang kuat saat menghadapi dan mengatasi tantangan tertentu bersama, Anda berada dalam posisi yang tepat untuk memberi tahu dirinya bahwa Anda benar-benar mencintai dia.

Baca :Jatuh Cinta pada Sahabat Bukan Kesalahan! Lakukan 3 Tips Ini..

3. Tidak merasa tertekan untuk mengatakannya

Ilustrasi pasangan setuju dengan idePixland Ilustrasi pasangan setuju dengan ide

Ketika Anda mencoba untuk mencari tahu kapan Anda harus mengungkapkan perasaan, sangat penting bahwa keputusan penting ini berasal dari diri sendiri. Pertama-tama tentu saja Anda harus yakin memang tulus mencintainya, bukan karena tekanan atau paksaan.

Selain itu, jika Anda mengatakan cinta padanya hanya karena dia mengatakan terlebih dahulu, atau tak mau kesepian karena semua teman sudah memiliki pendamping, bersiaplah menghadapi kegagalan karena fondasi hubungan Anda tidak kuat.

4. Siap menerima jawaban apapun darinya

Penting bagi Anda untuk mempersiapkan diri mendengar apapun jawaban darinya. Atau mungkin, Anda malah berharap dia yang mengatakan cinta terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com