Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2017, 16:58 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Dalam sebuah hubungan, terdapat tahap-tahap tertentu yang harus kita lewati dan tidak semuanya mulus. Untuk sukses melewatinya dibutuhkan 'perbekalan' yang cukup.

Situs kencan eHarmony melakukan survei terhadap lebih dari 1.000 orang Australia untuk mengetahui kapan tahap tersebut akan terjadi. Fase tersebut secara umum dialami banyak pasangan lain.

"Fase tersebut ada yang menyenangkan dan sebaliknya, ada juga yang membuat sedih. Namun, sebaiknya kita tidak buru-buru dalam melewati setiap fase tersebut,"  kata pakar hubungan dan psikolog Jacqui Manning.

Cek apakah hubungan Anda sedang berada dalam salah satu dari 5 fase penting berikut ini:

1. Api asmara yang berkobar

Ini adalah awal dari sebuah hubungan, kedua pihak masih menggebu-gebu karena senang bisa bersama dengan orang yang disukai.

Studi tersebut menemukan bahwa satu dari empat orang berciuman pada kencan pertama. Namun, satu dari 10 mengatakan mereka cenderung menunggu selama tiga minggu untuk berciuman.

2. Fase bulan madu

Ini adalah fase bahagia, Anda merasa bahagia dan nyaman dengannya tapi juga masih menganggap si dia menarik.

Melewati fase ini cukup rumit. Sepertiga responden dalam survei ini yakin mereka harus  "bicara serius" sebelum memasuki tahap berikutnya yaitu benar-benar setia kepada dia seorang.

Rata-rata orang membutuhkan waktu 3 bulan setelah pacaran untuk menonaktifkan profil kencan online mereka, terutama pria. Sementara para wanita hanya butuh waktu 3 minggu untuk melakukannya.

Sementara itu, 29 persen pasangan baru akan berbagi foto yang menampilkan pasangan mereka setelah empat bulan bersama.

3. Fase keintiman

Dibutuhkan waktu tiga bulan bersama sebelum saling mengucap "Aku mencintaimu" dan pria biasanya mengatakannya lebih dulu. Saat hubungan mengalami perkembangan, mereka semakin nyaman satu sama lain. Setelah beberapa bulan, mereka tak akan lagi "jaim" di depan pasangannya, misalnya buang angin atau tampil apa adanya saat bertemu.

4. Fase komitmen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com