Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2017, 17:40 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda ingin tahu tren terkini dari dunia fashion, menonton fashion show adalah cara paling tepat memulainya. Tetapi, apa yang menjadi tren di sebuah negara terkadang bisa kita temukan lewat media sosial.

Melihat apa yang menjadi tren di negara lain selalu menarik dan juga bisa menjadi inspirasi untuk memperkaya referensi berbusana.

Retailer fashion Long Tall Sally melakukan pencarian tren fashion yang dikenakan wanita-wanita di seluruh dunia. Dengan bantuan pakar tren, mereka menganalisa ribuan tren lewat foto-foto street style, influencer lokal, dan foto di Instagram.

Tren tersebut kemudian dicek silang dengan data Instagram dalam 12 bulan terakhir. Tren dalam sebuah negara ditentukan dengan melihat hastag terkait tren fashion yang paling sering digunakan.

Misalnya saja di Seoul, Korea Selatan, atasan bermodel sleeves yang kebesaran menjadi tren dengan jumlah hashtag 15.638. Di Bangkok, Thailand, millenial pink sedang populer dengan hashtag mencapai 15.441. Sedangkan di Nigeria, ada 2.420 foto di Instagram yang menunjukkan para wanita di sana sedang menyukai atasan yang memamerkan bahunya (off-the-shoulder).

Tren klasik dan paling sederhana, yakni kaos oblong putih, bisa ditemukan di Paris. Para fashionista di Inggris Raya sedang tergila-gila sepatu metalik, sementara di Amerika ada perbedaan antara tren di kota-kota di Pantai Barat dan Pantai Timur.

Simak beberapa foto Instagram yang menunjukkan tren fashion di beberapa negara.

Jepang

Swedia

 

In love with my new jacket. ???? #hmootd

A post shared by Kenza Zouiten Subosic (@kenzas) on Nov 8, 2017 at 1:00pm PST

Thailand

 

Phuket sunsets ???? #BlatantlyInPhuket

A post shared by Nün (????) Stannard ???????? (@heyitsnun) on Nov 5, 2017 at 6:07am PST

Perancis

 

Born in the 70's.

A post shared by Fatou N'diaye (@blackbeautybag) on Sep 29, 2017 at 8:51am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com