Rambut Rusak Usai Olahraga? Jangan Diabaikan! - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Clear

Rambut Rusak Usai Olahraga? Jangan Diabaikan!

Auzi Amazia Domasti
Kompas.com - 19/12/2017, 13:26 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Sudah banyak fakta yang memaparkan rutin olahraga akan bagus untuk kesehatan. Mulai dari metabolisme tubuh hingga menjaga kekuatan otot dan tulang, semuanya didapat dari kebiasaan berolahraga.

Namun, ternyata ada juga hal tidak enaknya, seperti berkeringat dengan kondisi rambut yang basah dan lama-lama rusak.

Seorang penata rambut, Dana Ionato, yang bekerja di Salon Sally Hershberger Downtown di New York, mengatakan, banyak pelanggannya yang mengeluhkan rambut rusak akibat rutinitas berolahraga. Memang, kulit kepala dan rambut berminyak atau rontok bisa terjadi akibat ikatan rambut.

“Namun, sebenarnya itu hanya masalah perawatan rambut yang tidak dengan baik saja,” kata Ionato, dikutip allure.com, Kamis (23/4/2015).

Jadi, penyebabnya bukan karena olahraganya. Karenanya, jangan sampai Anda menghentikan olahraga karena tidak ingin rambut berantakan dan rusak.

Berikut ini ada beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan, baik sebelum maupun setelah berolahraga.

Sebelum olahraga

Supaya rambut tidak rusak, perhatian ke rambut harus sampai detail atau hingga hal-hal terkecil. Misalnya, mulai dari memilih ikat rambut.

“Kebanyakan orang akan mengambil kuncir rambut apa saja yang ada di depan  matanya, padahal sekarang sudah ada kuncir rambut yang lebih lembut dan tetap elastis untuk digunakan saat olahraga,” ujar Ionato.

Rambut Anda tidak akan keluar-keluar dari kunciran ketika sudah memilih ikat rambut yang tepat sehingga olahraga pun nyaman.

Ilustrasi rambut sehatShutterstock Ilustrasi rambut sehat
Kemudian, soal tata rambut dengan variasi yang berbeda-beda setiap waktu berolahraga. Sebab, ada area rambut yang bisa rusak karena menguncir rambut di tempat yang sama terus-menerus.

Menguncir rambut dengan sangat ketat bahkan bisa menyebabkan traksi alopecia, yang membuat garis rambut surut seiring berjalannya waktu.

Ionato memberi tips agar tak hanya menguncir rambut model ekor kuda, tetapi coba model alternatif dengan mengepangnya, model kuncir kuda yang tinggi, atau model simpul di bagian tengah bagian belakang kepala.

Lalu, jika Anda biasanya mengikat atau menyimpul rambut ke arah bagian kanan ketika olahraga, maka bergantilah ke arah kiri. 

Selain itu, pakai juga bandana agar keringat tidak jatuh ke wajah. Melalui bandana yang bahannya dapat menyerap keringat dan menjaga kelembaban, akar rambut jadinya tak akan terlalu berminyak.

Setelah olahraga

Usai olahraga, jangan membasahi rambut Anda dengan air. Baik pria maupun wanita, ada saja yang menyiram rambutnya dengan air setelah olahraga dengan alasan supaya terasa segar.

Jika menyiramnya, Anda tidak hanya menyebarkan keringat asin hingga ke ujung rambut, tetapi air pun akhirnya dapat menyingkirkan dan mengeringkan rambut dari minyak alaminya, serta turut mengoksidasi pewarna rambut. Bila ingin membasahi rambut, basahilah ketika mandi dan keramas memakai sampo.

Ilustrasi rambut rontokAndreyPopov Ilustrasi rambut rontok
Setelah olahraga, rambut Anda sebenarnya bisa mendapat nutrisi dari minyak alaminya sendiri, tetapi minyak itu tidak sampai ke bagian tengah rambut Anda, kecuali Anda mau menyisirnya. 

"Jika sehabis berolahraga tidak akan mencuci rambut malam itu atau pagi itu, pastikan untuk menyikat rambut Anda. Tidak hanya mendistribusikan minyak sampai ujung rambut, tetapi juga memecah kemampatan minyak yang Anda miliki di kulit kepala,” kata Ionato.

Bila Anda pernah menggunakan sampo kering, jangan pakai sampo kering setelah olahraga. Sebab, jika rambut Anda basah kuyup dengan keringat, sampo kering tidak cukup kuat untuk meresapnya. Sebaiknya gunakanlah sampo untuk rambut berminyak agar rambut tetap terjaga dari kondisi kering.

Banyak sampo kering memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi. Apabila mencampurkan alkohol dengan keringat, maka rambut Anda nantinya malah akan sangat kering.

Kemudian, walau rutin berolahraga setiap hari, keramaslah 2 sampai 3 kali saja dalam seminggu. Sebab, penggunaan sampo yang berlebihan sebenarnya dapat menghilangkan minyak alami yang ada di kulit kepala.

Ketika memutuskan akan keramas usai olahraga, pilihlah sampo yang tepat. Kalau Anda berolahraga di gym dan di sana sudah tersedia sampo, sebaiknya tetap bawa sampo Anda sendiri karena belum tentu formula sampo tersebut cocok dengan kondisi rambut Anda.

Gunakan sampo dengan formula yang tepat, tidak keras, dan tetap menutrisi rambut, serta dapat mengatasi ketombe. Formula Nutrium 10 yang mengandung nutrien, vitamin, dan mineral untuk rambut bebas ketombe, misalnya, terkandung dalam sampo anti-ketombe Clear Complete Softcare dan Clear Men Complete Softcare untuk pria.

Melalui perawatan rambut yang tepat, rambut pun bisa terhindar dari masalah kerusakan, termasuk setelah dari rutinitas berolahraga. Kemudian, tak ada pula ketombe yang terlihat dengan pemakaian teratur.

Lebih dari itu, adanya kandungan creambath yang lebih lengkap bisa menutrisi kulit kepala secara mendalam sampai lapisan epidermis sehingga bisa membuat rambut tetap kuat dan indah.

Jika ingin tubuh sehat, tentu kita ingin rambut sehat dan indah juga, bukan?

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAuzi Amazia Domasti
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM