Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2017, 07:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Selain menjaga asupan makanan, kita perlu memperhatikan kebiasaan sehari-hari agar terbebas dari lemak. Sebab beberapa kebiasaan yang salah, malah bisa menambah lemak di tubuh. Pastinya itu adalah mimpi buruk, karena bisa meningkatkan risiko penyakit setelah itu.

Dikutip dari Men’s Fitness, setidaknya ada lima kebiasaan yang bisa membantu kita terbebas dari lemak.


1. Simpan catatan makanan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyimpan catatan makanan. Ini bukan berarti harus menghitung kalori, tapi mencatat apa saja yang diasup. Tulis semua makanan yang masuk ke tubuh dalam sehari, setiap hari, serta perkiraan waktu makannya.

“Menyimpan catatan makanan adalah cara terbaik untuk pemula untuk mendapatkan pegangan apa yang dia makan setiiap hari,” kata Shelby Starnes, pakar nutrisi yang membantu persiapan binaragawan mengikuti kompetisi.

Setelah seminggu, Anda akan melihat pola. Anda mungkin cenderung menghidari makan saat stres, atau mengasup makanan yang kurang bernutrisi saat malam hari.

“Dua dari masalah terbesar yang saya lihat adalah terlalu banyak dan kurang makan,: ujar Starnes. “Sebuah catatan membuat kita lebih bertanggungjawab serta membantu mencari tahu di mana perlu melakukan perubahan pola makan.”


2. Minum banyak air putih

Kebiasaan baik kedua yang perlu dilakukan adalah minum banyak air putih. Tips ini terlihat mudah dilakukan namun jika tak dibiasakan bisa dengan mudah menemui kegagalan.  

Dua liter setiap hari adalah batas minimal. Tapi, Anda juga perlu menambah minum sekitar 500 ml setiap 30 menit setelah melakukan olahraga

Baca juga : Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?


3. Kunyah makanan

Kebiasaan baik yang ketiga ini terlihat sepele, namun perlu Anda coba. Anda harus mengunyah makanan.

Cobalah untuk makan lebih perlahan dan kunyah makanan hingga kecil serta lembut sebelum ditelan. Semakin perlahan Anda makan, maka lebih banyak waktu otak Anda untuk mengenali perasaan kenyang.

Baca juga : Mengapa Mengunyah Makanan Pelan Cegah Kegemukan?


4. Jangan lupa sarapan

Kebiasaan nomor empat mungkin sudah Anda terapkan, yaitu sarapan. Banyak orang yang meremehkan sarapan ini, bahkan cenderung menghindari sarapan dan memilih langsung makan siang. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com