Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kaya dan Sukses Berkarir? Pilihlah Pasangan yang Teliti

Kompas.com - 28/12/2017, 18:58 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Hampir seabad yang lalu, jurnalis Napoleon Hill memulai sebuah misi untuk mengungkap dan mendokumentasikan strategi yang digunakan oleh pengusaha terkaya dan paling sukses di Amerika Serikat.

Dia mempelajari lebih dari 500 jutawan yang membangun kerajaan bisnisnya sendiri selama 20 tahun. Penelitiannya ini pun dituangkan pada buku Think and Grow Rich, yang sangat laris di tahun 1937.

Dalam buku tersebut, dia berbagi prisip yang dia sebut money-making secret atau "rahasia menghasilkan uang".

Salah satu prinsipnya adalah keseimbangan dalam hubungan dengan pasangan. Hill berpendapat bahwa cinta, asmara dan seks merupakan faktor penting dalam keberhasilan dan kekayaan seseorang.

Tiga faktor tersebut, menurut Hill, jika dimanfaatkan dengan baik dapat mendorong tumbuhnya imajinasi, keberanian dan kekuatan lain yang dapat mengasah kreativitas yang tentunya bisa kita manfaatkan untuk menambah kekayaan.

"Cinta, asmara, dan seks adalah semua emosi yang mampu mendorong pria mencapai puncak prestasi gemilang. Ketika digabungkan, ketiga emosi ini dapat mengangkat seseorang pada level jenius," ucapnya.

"Orang-orang dengan prestasi besar adalah pria dengan sifat seksual yang berkembang tinggi. Dan orang-orang yang telah mengumpulkan banyak keberuntungan dimotivasi oleh pengaruh seorang wanita," tambahnya.

Meskipun prinsip ini agak tidak masuk akal, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang memiliki pasangan yang mendukung untuk mencapai kesuksesan finansial.

Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg, mengatakan bahwa pilihan karir juga turut menentukan siapa pasangan Anda.

Pendapat ini pun disetujui banyak orang, termasuk Catherine Alford dari The Simple Dollar, sebuah perusahaan penyedia jasa penasihat keuangan di AS, juga mengatakan bahwa pasangan turut menentukan kondisi keuangan, entah itu secara sadar atau tidak.

"Jika saya memilih pasangan yang berbeda, hidup saya akan berbeda," ucapnya.

Motivator Jim Rohn juga mengatakan bahwa rata-rata orang kaya dan sukses jutru menghabiskan waktu paling banyak dengan pasangannya.

Riset yang dilakukan oleh Brittany C Solomon dan Joshua J Jackson dari Washington University, menunjukkan bahwa memiliki pasangan yang teliti dapat meningkatkan gaji Anda secara signifikan.

Laporan dari Harvard Buseiness Review mengatakan bahwa seorang karyawan kemungkinan akan berpenghasilan sekitar 4.000 dollar AS lebih atau di atas 50 juta rupiah dalam setahun.

Ini dapat diperoleh dengan meningkatkan kesadaran pasangan akan pentingnya mengelola keuangan dengan baik.

"Seorang karyawan dengan pasangan yang sangat teliti memiliki prosentase 50 persen untuk mendapatkan promosi daripada karyawan dengan pasangan yang tidak teliti perihal keuangan," tulis laporan tersebut.

Pasangan yang teliti cenderung membiarkan pasangan mereka lebih fokus pada karir. Juga, orang dengan pasangan teliti umumnya merasa lebih puas dengan pernikahan mereka dan tidak merasa stres saat berada di rumah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa hal tersebut membuat para karyawan membawa energi emosional dan fisik lebih banyak untuk bekerja.

Meskipun penelitian yang dilakukan Hill ini sudah cukup lama dan hanya berfokus pada pria, namun hal penting yang dapat kita pelajari adalah hubungan percintaan merupakan langkah penting untuk mengumpulkan kekayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com