Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2018, 16:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Yoga wajah mungkin terdengar asing, namun, riset terbaru menemukan bahwa 'olahraga' wajah ini mampu membuat wanita nampak 3 tahun lebih muda.

Yoga wajah alias facial yoga memang dirancang untuk meningkatkan ukuran otot yang membuat kulit wajah lebih kencang, mengurangi keriput dan tentunya tampak awet muda.

Meskipun banyak yang tidak mempercayai hal ini, namun riset terbaru telah membuktikan bahwa rutinitas latihan wajah setiap hari benar-benar dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada wanita paruh baya.

Eksperimen yang dilakukan oleh para periset dari Northwestern University, Chicago, menemukan fakta bahwa dengan memulai program latihan wajah secara rutin dengan durasi 30 menit selama 20 minggu, para peserta terlihat 3 tahun lebih muda dari usia aslinya.

Eksperimen ini melibatkan 27 wanita dengan usia antara 40-65 tahun. Para wanita tersebut melakukan 32 gerakan olahraga wajah berbeda dengan durasi masing-masing sekitar 1 menit selama percobaan berlangsung.

Gerakan lain melibatkan senyum tanpa menunjukkan gigi. Kemudian, para ahli diminta untuk memperkirakan usia semua peserta sebelum dan sesudah penelitian. Hasilnya, para ahli yang memperkirakan wanita dengan usia 50 tahun sebelum penelitian berubah menjadi 48 tahun usai penelitian.

"Dengan asumsi temuan dikonfirmasi dalam penelitian yang lebih besar, orang-orang sekarang memiliki cara yang murah dan aman agar terlihat lebih muda daripada menggunakan kosmetik atau perawatan anti-penuaan lainnya," papar pemimpin riset Dr Murad Alam, seorang profesor dermatologi di Universitas.

Yoga wajah pertama kali dikembangkan oleh seorang guru yoga di New York bernama Annelise Hagen pada tahun 2007.

Sejak saat itu, 'olahraga' ini menjadi populer dan sekarang banyak para profesional yang melakukannya. Bahkan, terdapat sebuah studio kebugaran wajah yang bisa menjadi rujukan bagi mereka yang ingin belajar dan mempraktikkan olahraga ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com