Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taruh Tanaman di Ruang Kerja Bikin Sehat dan Bebas Stres, Percaya?

Kompas.com - 10/01/2018, 09:00 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Stres bisa menghinggapi siapa saja dan di mana saja. Kantor dan pekerjaan kerap menjadi tempat dan alasan seseorang mengalami stres.

Menyadari diri tengah dihinggapi tekanan semacam itu merupakan sebuah keuntungan. Sebab, setidaknya kita bisa mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Nah, berikut ini adalah tips yang mungkin patut dicoba bagi Kamu yang merasa mengalami stres atau penurunan kondisi kesehatan fisik saat akibat berada di ruang kerja.

Menghiasi meja kerja dengan tanaman-tanaman hijau yang segar dipandang dipercaya bisa membantu kita menurunkan dari rasa yang menekan itu, dan menjaga kesehatan.

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Ditanam di Rumah

Tips ini tentu diberikan bukan tanpa alasan. Sebab, menaruh tanaman di ruang kerja ternyata membantu membersihkan udara dari kandungan zat berbahaya.

Zat-zat semacam formaldehyde, benzene, ethylbenzene, toluene, xylene, dan bahkan ammonia muncul dari material furniture dan cairan pembersih.

Zat-zat berbahaya itu mendekam karena kondisi ruangan yang tertutup dengan pendingin udara.

"Idealnya, tanaman yang kita pakai adalah tanaman yang bisa menghilangkan udara yang mengandung banyak penyakit."

"Tanaman itu pun sebaiknya mampu menetralisasi campuran bakteri yang ada di ruang kerja, serta tahan dengan cahaya redup, dan mudah dirawat."

Demikian pernyataan Eddie van Etten, dosen senior bidang Ekologi, dan Pierre Horwitz, Profesor di Fakultas Sains Edith Cowan University.

Disebutkan, ruang kerja juga bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri penyebab virus.

Baca juga: Hati-hati, Virus HPV Juga Sebabkan Kanker Tenggorokan

Menurut Etten dan Horwitz, tanaman bisa memunculkan bakteri baik bagi manusia, dan membantu mencegah tersebarnya bakteri patogen dengan menyeimbangkan ekosistem.

"Manfaat dari keseimbangan tersebut juga bisa mengurangi timbulnya penyakit yang disebabkan oleh virus dan berpotensi menjangkiti para karyawan."

Beberapa tanaman yang bisa menjadi pilihan adalah palem kuning, lidah buaya, english ivy (hedera helix) -jenis tanaman hias merambat yang dapat tumbuh di dataran rendah.

Lalu ada pula pakis pedang boston (nephrolepis exaltata), merupakan tanaman hias pakis-pakisan yang sangat umum ditemukan di Indonesia, terutama sebagai tanaman gantung atau tanaman dalam ruang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com