Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2018, 09:16 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan kecantikan untuk mengoreksi kekurangan wajah kini semakin canggih. Sebelum berbagai masalah wajah muncul, sebenarnya kita bisa melakukan pencegahan dengan perawatan sehari-hari. Praktis dan murah.

Menurut ahli perawatan estetika, dr Lanny Juniarti, umumnya pasien datang ke klinik perawatan estetika untuk mengkoreksi problem kecantikan seperti jerawat, pori-pori kulit besar, flek, keriput, hingga kendur.

Semua masalah tersebut pada dasarnya bisa dicegah sejak muda.  "Kalau untuk usia muda kami lebih mengedukasi mereka untuk  mencegah supaya tidak muncul problem," kata Lanny pada acara Aesthetic Outlook 2018 di Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2018).

Setidaknya, ada dua perawatan kulit yang harus dilakukan sedini mungkin, yakni membersihkan wajah secara rutin dan perlindungan dari sinar matahari berupa pemakaian sunscreen.

Selelah apa pun kita, membersihkan wajah setelah beraktivitas adalah hal yang wajib. Menurut Lanny, wajah harus dibersihkan dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Terlebih jika sehari-hari kita memakai make up.

Jika memakai make up yang cukup berat, wajah harus dibersihkan dulu menggunakan make up removersebelum dicuci dengan sabun muka. "Yang paling gampan pilihlah produk pembersih yang cocok dengan jenis kulitnya," tuturnya.

Namun, untuk sehari-hari, Lanny menilai sabun muka sudah cukup untuk membersihkan wajar. Sebab kaum milenial kadang tak mau repot.

"Mereka orang-orang yang praktis. Dikasih produk banyak-banyak juga mereka enggak mau pakai. Malah jadi enggak rutin," kata Lanny.

Sementara itu tabir surya juga perlu digunakan secara rutin oleh mereka yang banyak melakukan kegiatan di luar ruangan. Pemilihan jenisnya juga disesuaikan dengan kegiatannya.

"Kalau untuk sport enggak cukup satu. Harus yang water resistant supaya kalau aktif olahraga, berkeringat, berenang, tidak luntur," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com