Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2018, 08:30 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Pernakah kamu merasa iri dengan teman yang kuat olahraga berjam-jam tanpa merasa lelah? Sebaliknya, kamu gampang loyo saat mencoba olahraga yang sama hingga berpikir bahwa hidupmu tidak ditakdirkan untuk berolahraga.

Sebenarnya, tidak ada olahraga yang cocok untuk semua orang. Riset membuktikan bahwa kepribadian seseorang ikut menentukan aktivitas fisik yang cocok untuk mereka lakukan.

Jadi, agar resolusi untuk lebih rajin olahraga bisa terwujud, kuncinya kamu harus menemukan jenis olahraga yang kamu sukai dan bisa dinikmati sesuai dengan kepribadianmu.

Riset ini dilakukan dengan mensurvei lebih dari 800 pekerja dari seluruh dunia. Dengan mencocokan karakter dan olahraga favorit peserta survei, periset menemukan fakta bahwa tmasing-masing orang memiliki kesukaan berbeda terhadap jenis olahraga.

Menurut temuan yang dipresentasikan di konferensi tahunan the British Psychological Society Division of Occupational Psychology, para ekstrovert lebih suka menghabiskan waktu di gym sebagai tempat olahraga favorit mereka.

Bagi pemilik kepribadian ekstrovert ini, berolahraga bersama banyak orang justru membuat mereka lebih bersemangat.

Kebanyakan orang yang hidupnya teratur juga lebih memilih gym, terutama ketika harus datang dengan rencana latihan yang ketat dengan jadwal yang mengatur apa yang harus dilakukan setiap hari.

Jika dipikir kembali, datang ke gym dengan rencana latihan yang spesifik justru sangat membantu kita. Jadwal yang teratur akan membuat kita lebih konsisten dalam olahraga.

Ilustrasi bench pressIbrakovic Ilustrasi bench press
Sementara mereka yang berjiwa kreatif, justru tidak tertarik untuk ikut serta dalam keanggotaan gym. Mereka lebih memilih berolahraga di luar rumah, seperti bersepeda atau berlari.

Mungkin orang-orang kreatif tertarik pada pemandangan yang menakjubkan, atau mungkin juga rasa cinta mereka terhadap alam bebas menumbuhkan kreativitas itu sendiri.

Penelitian lain juga mengatakan bahwa alam bebas ternyata mampu memicu kreativitas.

Contohnya riset yang dilakukan oleh PLoS One, dalam riset tersebut peneliti menemukan bahwa peserta lebih kreatif dan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik setelah menghabiskan empat hari di alam bebas.

Selain menemukan jenis olahraga yang cocok dengan karakter, kamu juga harus tahu kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Program Olahraga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com