Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2018, 07:47 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meskipun Meghan Markle adalah aktris ternama yang berpengalaman tampil di depan kamera, ini bukan berarti dia bebas dari rasa stres saat harus berhadapan dengan sorot kamera.

Kini setelah bertunangan dengan Pangeran Harry dan sekaligus menjadi calon anggota keluarga kerajaan, aktris dan aktivis kemanusiaan ini memiliki tanggungjawab baru yang sama sekali berbeda dengan dunianya.

Wanita berusia 36 tahun ini sering terlihat gelisah. Isyarat kegelisahan ini ditunjukannya lewat bahasa tubuh dimana dia selalu menyentuh rambutnya saat tampil di depan umum dengan tunangannya.

Menurut seorang ahli bahasa tubuh, itu pertanda bahwa Meghan Markle sedang berusaha untuk tetap tenang di tengah hatinya yang sedang gugup.

Ahli bahasa tubuh, Elizabeth Kuhnke mengungkapkan bahwa cara Meghan memegang rambutnya adalah isyarat umum yang digunakan wanita untuk menenangkan diri saat merasa berada di bawah tekanan atau merasa tidak nyaman.

"Ini versi dewasa anak yang mencengkeram mainan favorit, rok ibu atau tangan ayah saat merasa cemas dan tidak tahu harus berbuat apa atau berkata apa," ucapnya.

Namun, ELizabeth Kuhnke menambahkan bahwa isyarat itu tidak memiliki arti yang sama jika Markle berada dalam lingkungan pribadi.

"Saat merasa gugup - mengetahui jutaan orang menonton dan menilai - memiringkan kepala dan bermain dengan rambut adalah sebuah pernyataan tentang keadaan psikologis dari kebutuhan untuk melindungi diri sendiri," tambahnya.

Elizabeth Kuhnke juga menunjukkan bahwa meskipun bintang 'Suits' ini jelas memiliki pengalaman berada di depan publik, tetapi situasi saat ini benar-benar berbeda.

Pertunangannya dengan Pangeran Harry membuat banyak mata lebih menyoroti hidupnya.

Markle tidak lagi hanya mewakili dirinya sebagai aktris tetapi sebagai anggota keluarga kerajaan paling terkenal di dunia.

Tentu saja beban yang ada di pundaknya lebih besar, jadi tidak mengherankan bila Meghan Markle merasa lebih gugup dari sebelumnya.

Tapi, isyarat tubuh seperti ini tak hanya dilakukan oleh Meghan Markle. Rasa canggung juga kerap diperlihatkan lewat Posisi Tangan Pangeran Harry yang Menyimpan Makna Rahasia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com