Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/01/2018, 15:35 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Saat laci atau tumpukan pakaian di lemari penuh, pasti kita akan memilih menggantungkan sweter untuk menghemat tempat. Namun cara ini sebenarnya dapat merusak sweater.

Cara paling umum untuk menggantung pakaian adalah dengan memasukan gantungan ke dalam bagian bahu.  Pada pakaian dengan bahan tertentu, seperti wool dan sweter, cara menggantu itu akan membuat bagian bahu lebar.

Pakar pengaturan, Peter Walsh dalam acara Rachael Ray Show memberi tips menyimpan sweter tanpa harus merusaknya. Caranya, lipat sweter hingga bagian tangan di kedua sisi saling bertemu.

Kemudian ambil gantungan dan letakan melintang dari bahu ke sisi bagian dada, serta pastikan kepala gantungan mengarah ke sisi bawah. Lalu, tarik dan lipat lengan ke gantungan yang sudah diletakan. Terakhir, tarik dan lipat bagian bawah sweater ke atas.  Sweater dapat digantung tanpa harus membuatnya rusak.

Perawatan sweter yang bentuk bahunya berubah karena proses penyimpanan juga bisa dilakukan saat pencucian.

Saat mencuci sweater, usap lembut bagian bahu dengan jari-jemari, kemudian keringkan sementara dengan handuk.  Bila ingin lebih cepat, gosok secara kuat bagian yang rusak dengan jari basah. Bagian yang rusak akan membentuk sesuai bahu setelah kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com