Cara Cantik Menyimpan Sepeda - Kompas.com

Cara Cantik Menyimpan Sepeda

Kompas.com - 16/01/2018, 14:22 WIB
Meja penyimpan sepedadm Meja penyimpan sepeda

KOMPAS.com - Bagi banyak orang, sepeda adalah barang kesayangan. Maka tidak cukup satu, penggemar sepeda umumnya memiliki beberapa tunggangan. Masalahnya, mengoleksi sepeda memerlukan tempat untuk menyimpannya saat tidak dipakai.

Bila jumlah sepeda di rumah sudah lebih dari tiga --dan ini adalah hal yang umum, termasuk kamu mungkin-- masalah yang muncul adalah di mana menaruhnya?

Nah, bila kamu memiliki problem serupa dan tidak tega meletakkannya sepeda di luar rumah atau di garasi, maka ada beberapa cara menyimpan sepeda, yang tidak hanya aman, tapi juga menambah apik ruangan. Tentu dengan catatan, bersihkan sepeda itu sebelum menyimpannya.

Jadikan furnitur sebagai rak sepeda

Meja untuk menyimpan sepedadmarge Meja untuk menyimpan sepeda
Furnitur jaman sekarang memiliki multi fungsi yang bisa disesuaikan pemiliknya. Ada beberapa yang dirancang untuk menyimpan sepeda.

Ini adalah solusi tepat bagi mereka yang tidak ingin menancapkan paku atau pengait di dinding. Biasanya furniture ini serupa meja TV, namun dengan celah untuk menahan ban sepeda.

Gunakan bike stand

Bike standdm Bike stand
Bike stand yang bisa dipindah-pindah adalah pilihan praktis bagi mereka yang tidak tinggal di rumahnya sendiri alias masih menyewa. Kelebihan bike stand adalah bisa menyimpan beberapa sepeda, namun bagian dasarnya kebanyakan berat atau lebar agar bisa menahan beban di atasnya.

Bila kamu ingin dasar bike stand yang tidak makan tempat, kamu bisa menanamnya di lantai, tentu bila berada di rumah sendiri.

Manfaatkan penggantung cantik di dinding

Penggantung sepeda di dinding kini hadir dalam berbagai desain, tidak melulu dari besi yang kaku. Beberapa bisa sekaligus difungsikan sebagai hiasan atau rak tanaman.

Penggantung sepedadmarge Penggantung sepeda
Penggantung sepedadm Penggantung sepeda
Pemasangannya cukup mudah, yakni dengan memakai baut untuk menancapkannya di dinding. Dengan catatan, dindingnya harus cukup kuat dan tidak mudah ambrol. Dengan cara ini, sepeda bisa jadi hiasan di ruangan.

Sistem katrol

Penggantung sepeda dengan katroldm Penggantung sepeda dengan katrol
Bila luas lantai yang kamu miliki terbatas, cobalah melihat ke atas. Sistem dengan katrol dan kabel yang dipasang di langit-langit atau dinding bisa jadi tempat bertengger sepedamu.

Cara ini memunculkan kesan arsitektur industrial dan modern. Selain itu ruang yang terpakai tidak mengganggu aktivitas di bawahnya.

Pengait sederhana

Pengait dinding untuk sepedadm Pengait dinding untuk sepeda
Pengait logam adalah jenis yang paling banyak dijumpai di pasaran. Harganya terjangkau dan memasangnya relatif mudah. Ada beberapa pilihan pengait, yang digunakan menahan frame sepeda, atau menahan roda.

Kebanyakan pengait dipasang pada dinding yang kuat, atau bisa juga pada langit-langit dan balok atau kolom bangunan.

Rak gravitasi

Rak gravitasidm Rak gravitasi
Rak gravitasi dipakai dengan menempelkannya pada dinding, tanpa perlu dipaku atau diberi baut. Bagian bawah rak akan menahan beban sepeda sehingga tidak terjatuh.

Ini adalah bentuk lain dari bike stand, tapi menggunakannya harus disandarkan pada dinding.


PenulisWisnubrata
EditorWisnubrata
SumberDMarge
Komentar
Close Ads X