Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2018, 15:38 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber 360nobs

KOMPAS.com - Bagi sebagian besar orang, membeli pakaian yang bagus adalah sebuah investasi untuk mendukung penampilan atau pekerjaan. Tentu jika kita tidak merawat pakaian tersebut dengan baik artinya sama dengan pemborosan.

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa pakaian setiap hari harus menghadapi elemen-elemen yang keras setiap hari dari lingkungan. Akibatnya warnanya gampang pudar, bentuknya berubah, bahkan bisa menyebabkan aromanya tidak sedap. Walau begitu, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar pakaian tetap awet.

Inilah tips yang bisa kamu andalkan agar koleksi dalam lemarimu bertahan lama.

1. Ikuti pentunjuk pada label

Setiap pakaian memiliki instruksi pencucian khusus yang telah disesuaikan dengan materialnya. Meski tampak buang waktu, mengikuti petunjuk pada label pakaian penting agar pakaian bertahan lama.

Label pada produk fashion secara spesifik menginformasikan bagaimana pakaian itu harus dicuci. Biasanya petunjuk tersebut dikemas dalam bentuk simbol-simbol yang tertera pada labelnya.  Misalnya, simbol berupa diagram seperti segitiga berarti menunjukan tata cara pemakaian pemutih, lingkaran garis berarti kamu harus mencucinya dengan sedikit air atau bahkan tidak menggunakan air sama sekali.

Sedangkan simbol ember air, menandakan bahwa kamu harus mencucinya dengan tangan dan simbol setrika berarti kamu harus menyetrika pakaian tersebut sesuai petunjuk yang tertera. Bacalah dengan teliti dan ikuti semua pentunjuk tersebut.

Baca :Cara Benar Mencuci Bahan Jeans

2. Hindari "dry clean"

Beberapa jenis pakaian memang tidak bisa kita cuci sendiri, namun sebaiknya batasi melakukan cuci kering "dry clean" karena zat-zat kimianya bisa merusak pakaian.

3. Langsung jemur usai mencucinya

Kesalahan lain yang banyak kita lakukan adalah meninggalkan pakaian kita di mesin cuci usai mencucinya sampai berjam-jam. Kebiasaan ini membuat bahan pakaian mudah kendur dan tipis. Segera jemur pakaian segera setelah selesai dicuci.

Hindari membentangkan pakaian di bawah sinar matahari langsung karena ini bisa membuat warna baju cepat pudar.

Baca :Perlukah Pakaian Dalam Dicuci dengan Air Panas?

4. Hindari pakaian yang kusut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber 360nobs
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com