Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2018, 05:27 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musik diyakini membawa segudang manfaat. Banyak orang tua yang mulai memperkenalkan anaknya dengan musik sejak dini, bahkan memfasilitasinya dengan kursus musik.

Lalu, sebetulnya berapa umur ideal anak untuk belajar musik?

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa mengatakan, tak ada umur yang pasti untuk anak belajar musik. Belajar musik menurutnya perlu dilakukan sedini mungkin, namun ada banyak faktor penentu.

"Sedini mungkin, namun tergantung instrumennya, motorik," kata Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Ada beberapa alat musik yang bisa dimainkan anak sejak dini. Misalnya, drum, alat musik yang mampu merangsang syaraf motorik anak hampir pada seluruh bagian tubuh.

Anak juga cenderung menganggap drum seperti mainan. Namun, biasanya anak cenderung belajar instrumennya terlebih dahulu, belum masuk kepada notasi.

"Kayak drum. Kita tahu kalau harmoni, notasi itu belakangan. Anak kecil cepat (belajar drum) itu. Karena kayak mainan," ujarnya.

Baca juga : 5 Cara Tumbuhkan Ketertarikan Anak Bermain Musik

Menurut Erwin, pada umumnya anak belajar bermain musik pada usia 5 tahun. Meskipun umur tersebut terbatas pada alat musik tertentu.

Beberapa alat musik tak mudah untuk dijangkau oleh anak-anak karena ukuran atau berat alatnya. Erwin mencontohkan alat musik gitar atau bass, dimana cukup sulit dibawa oleh anak di bawah 5 tahun.

"Tapi ada lho yang main violin 3 tahun karena alatnya ringan. Jadi tergantung. Tapi rata-rata 5 tahun," ucap pria kelahiran 16 Mei 1962 itu.

Baca juga : Berlatih Musik Klasik Buat Anak-anak Lebih Mudah Berkonsentrasi

Adapun salah satu media yang bisa digunakan anak untuk merangsang bakatnya pada bidang musik adalah melalui sekolah musik.

Dari sekolah musik yang dibentuknya, Erwin memiliki banyak harapan. Salah satunya mencari bakat-bakat muda dari sekolah tersebut.

Pihaknya menyediakan banyak pilihan alat musik. Ia meyakini, anak-anak punya kesempatan yang luas untuk belajar di sekolah musik.

"Kalau vokal bisa buat kuartet anak-anak, misalnya. Bisa band, jazz trio misalnya. Akan sangat memungkinkan. Tidak hanya ensemble, banyak ide yang kita bisa kembangkan," kata peraih 33 piala Anugerah Musik Indonesia (AMI) itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com