Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2018, 09:07 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

KOMPAS.com - Setiap pengendara motor umumnya punya gaya busana khusus. Pemotor besar umumnya tampil dengan jaket kulit, jeans, sepatu boots rider, dan kacamata hitam. Beberapa kelompok juga terlihat memanjangkan rambut dan jenggot.
 
Nah, apakah semuanya akan begitu? Salah satu pertanyaan yang muncul adalah bagaimana Presiden RI Joko Widodo akan bergaya saat ia mencoba motor chopper yang hari ini dibelinya?
 
Pendiri Elders Garage Heret Frasthio mengungkapkan, ciri khas pengendara chopper adalah bebas. Yang penting nyaman berkendara. Jadi, tak harus menyamakan pernak-pernik untuk jadi pengendara chopper. 
 
"Di sini biasanya kita memakai jaket-jaket bahan army, yang dominan warna gelap," kata Heret kepada Kompas Lifestyle di Elders Garage, Jakarta, Sabtu (20/1/2018).
 
Sedangkan demi kenyamanan, pengendara cukup mengenakan kaos yang dipadukan dengan celana jeans panjang.
 
Uniknya, para penunggang chopper jaman now ini suka menggulung celana hingga lebih tiga sentimeter, agar sepatu boots buatan lokal yang mereka kenakan juga terlihat. Bagian bawah celanas jeans itu digulung disesuaikan dengan batas tinggi sepatu boots.
 
Kendati demikian, Heret mengatakan pengendara chopper di Indonesia tak selalu identik dengan tampilan demikian--terutama soal memakai jaket.
 
"Indonesia kan panas ya, kalau pakai jaket tebal gitu tambah panas, nah biasanya pakai kaos aja," kata Heret.
 
Chopper yang dibeli Presiden Joko Widodo diantar ke Istana Bogor, Sabtu (20/1/2018).Ghulam/KompasOtomotif Chopper yang dibeli Presiden Joko Widodo diantar ke Istana Bogor, Sabtu (20/1/2018).
Kalau untuk Jokowi, kata Heret, dia tak bisa memprediksi apakah akan turut serta mengenakan style busana chopper. Satu hal yang pasti, Jokowi sudah membeli jaket Rawtype Riot berwarna hijau dari Gentleman's Pact, yang juga diproduksi sendiri.
 
"Saya diminta bawa helm juga, kemungkinan akan riding bareng," ungkap Heret.
 
Sebagai catatan, saat mengantarkan motor chopper ke Jokowi hari ini, para pengendara tidak tampil seperti biasanya. Mereka mengenakan celana yang bukan jeans dan tidak memakai kaos, melainkan menggantinya dengan kemeja. Kan mau ke istana...
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com