Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2018, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Berutang mungkin merupakan fenomena kehidupan yang pernah dialami oleh hampir setiap orang di muka bumi ini.

Ada jutaan alasan yang menyebabkan seseorang berutang. Beban yang melingkupi setelah keputusan itu pun bisa terasa ringan, atau tak jarang amat mengganggu. Semua tergantung pada kondisi keuangan kita.

Pertama-tama yang harus diingat adalah, utang tak bisa serta-merta disebut sebagai tanda dari sebuah keputusan keuangan yang buruk.

Misalnya, mobil kita rusak dan memerlukan banyak uang untuk diperbaiki. Atau, ada pula yang mengalami kecelakaan dan terpaksa meminjam banyak uang untuk melunasi tagihan rumah sakit.

Baca juga: Semakin Banyak Orang yang Sembunyikan Utang dari Pasangan

Terlepas dari beragam kebutuhan itu, sebenarnya ada langkah-langkah sederhana yang bisa dijadikan sebagai tips.

Tips ini dapat dicoba demi bisa terbebas --atau setidaknya mengurangi beban utang kita di tahun 2018 ini.  

1. Merunut kebiasaan belanja

Hal pertama yang harus kita sadari adalah menyadari berapa besar penghasilan bulanan, --baik dari gaji bulanan atau pun pemasukan lainnya.

Lalu, kita pun harus mengidentifikasi kebiasaan belanja. Pemahaman ini akan membantu kita untuk menghitung perbandingan dana yang ada, dengan berapa besar tagihan yang muncul.

Saat kita memiliki pemahaman yang baik tentang besaran penghasilan, tentu kita dapat mengetahui berapa besar porsi belanja yang bisa dikeluarkan.

Setelah itu, akan terlihat berapa besar pengeluaran yang harus kita alokasikan pada masing-masing pos, termasuk pembayaran utang.

Oh iya, tertib mencatat pengeluaran merupakan cara paling jitu untuk mendeteksi ke mana "hilang"-nya uang penghasilan kita.

Baca juga: Ragu dengan Ukuran Pakaian Saat Belanja Online? Coba Trik Ini

Kemudian, dari sana dapat dilakukan pemilahan terkait porsi mana yang memang merupakan kebutuhan pokok, dan mana yang bisa dikesampingkan demi melunasi utang.

2. Ambil pinjaman

Kamu dapat memilih untuk mengkonsolidasikan utang dengan mengambil pinjaman. Tapi, pinjaman semacam itu harus menawarkan tingkat bunga yang lebih rendah.

Halaman:
Sumber 360nobs
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com