Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bukti Bahaya Nyata Sinar Matahari pada Kulit Wajah

Kompas.com - 29/01/2018, 08:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber standard

KOMPAS.com - Bila kamu masih malas menggunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar rumah, foto yang menunjukkan perbedaan kondisi kulit wajah seorang sopir truk yang terpapar sinar matahari ini mungkin bisa membuatmu berpikir ulang.

Tahun 2012, The New England Journal of Medicine menerbitkan sebuah foto seorang sopir truk berusia 69 tahun yang selama 28 tahun terakhir mengemudi hanya sisi kiri wajahnya saja yang terpapar sinar matahari.

Foto tersebut baru-baru ini kembali muncul dan viral karena secara nyata menunjukan efek negatif dari paparan sinar matahari pada kulit wajah.

Menurut laporan yang diterbitkan, pria tersebut menunjukan gejala asimtomatik penebalan dan kerutan pada kulit di sisi kiri wajahnya yang terjadi secara perlahan-lahan dalam 28 tahun.

Sinar ultraviolet A (UVA) masuk melalui kaca jendela, menembus epidermis dan lapisan atas dermis kulit. Paparan sinar UVA yang tinggi dapat menyebabkan penebalan epidermis dan stratum korneum, serta penghancuran serat elastis.

Karena hanya satu sisi wajah pria ini yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, perbedaan dari efek sinar UVA tersebut sangat nyata. Keriput di sisi kiri wajahnya terlihat lebih berat.

Sementara itu, bagian sisi kanan wajahnya yang tak terpapar sinar matahari tetap relatif bebas kerutan.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa sinar UVA mampu menembus kaca jendela truk sehingga mencapai kulit. Dengan kata lain, walau tidak berada di bawah sinar matahari langsung, kita tetap saja bisa terpapar sinar matahari.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk selalu memakai tabir surya meski cuaca sedang mendung karena paparan sinar UVA masih bisa terjadi meski cuaca berawan.

Untuk penyembuhan kasus ini, pasien direkomendasikan untuk menggunakan obat retinoid topikal, tabir surya dan melakukan pemeriksaan teratur untuk menghindari kanker kulit.

(Baca juga: Tahap Perawatan Wajah Penting yang Sering Dilupakan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber standard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com