Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2018, 13:20 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan mengucapkan sumpah serapah alias mengumpat memang bukan kebiasaan baik. Walau begitu, menurut studi, kebiasaan memaki ini berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental.

Berikut adalah fakta positif dari kebiasaan mengumpat:

- Komunikasi yang efektif
Penelitian menunjukkan bahwa mengumpat meningkatkan efektivitas dan persuasi saat menyampaikan argumen. Mengeluarkan makian juga bisa menyampaikan apa yang kita rasakan dengan cepat.

- Lebih jujur
Orang yang sering mengumpat ternyata jarang berbohong dan memiliki tingkat integritas lebih tinggi.

- Meningkatkan toleransi rasa sakit
Ketika kita terantuk batu atau terbentur, terkadang secara refleks kita langsung mengumpat. Tak perlu malu dengan kebiasaan itu. Menurut studi, mengumat akan meningkatkan kemampuan tubuh menahan sakit.

- Tanda kecerdasan
Punya kebiasaan marah dan memaki ternyata terkait dengan pengetahuan kosa kata yang lebih luas. Bahkan hal itu juga dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang tinggi.

- Menenangkan
Ketika kita sedang marah atau kesal, kita bisa lebih tenang jika mengeluarkan umpatan. Efek lain setelah mengumpat adalah merasa terkendali dan lebih rileks.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com