Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2018, 20:47 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Kebanyakan wanita merasa perlu memakai make up saat beraktivitas di luar rumah. Namun, saat tubuh sudah lelah di malam hari terkadang godaan untuk langsung tidur tanpa menghapus make up sering sulit dilawan.

Kebiasaan malas membersihkan muka merupakan "dosa kecantikan" yang bisa memicu berbagai masalah kulit. Jadi, mulai saat ini jangan malas membersihkan muka jika ingin terhindar dari gangguan kulit ini:

1. Infeksi mata

Berhasil menggunakan riasan mata yang indah adalah prestasi tersendiri bagi para wanita. Namun, tahukah kamu bahwa riasan gaya riasan mata smokey eyes atau pemakaian perona mata berwarna-warni bisa menyebabkan infeksi pada mata? Partikel kecil dari make up, mulai dari maskara sampai eye shadow dapat masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi. Akibatnya, mata akan memerah bahkan infeksi parah jika kita malas menghapusnya sebelum tidur.

(Baca :Berani Berkreasi Warna Bulu Mata?)

2. Komedo

Membiarkan kosmetik tetap menempel di wajah ketika tidur bisa menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya memicu munculnya komedo.

(Baca :Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah)

3. Jerawat

Salah satu hal yang paling jelas terjadi saat malas membersihkan riasan wajah adalah munculnya jerawat. Pori-pori yang tersumbat karena malas membersihkan riasan tidak hanya menjadi penyebab infeksi, jerawat juga bisa muncul karena Kamu malas membersihkannya.

4. Bibir Kering

Wanita dan lipstick seakan-akan tak pernah terpisahkan. Namun, terlalu lama menggunakan warna pada bibir dapat membuat bibir menjadi kering karena hilangnya kelembaban alami kulit bibir.

5. Penuaan kulit

Kamu pasti pernah mendengar bahwa 'mencegah lebih baik daripada mengobati'. Yah, ini juga berlaku pada kulitmu.

Tidak menghapus riasan di wajah akan menciptakan semacam 'penghalang' yang menyebabkan kulit kering. Selain itu, riasan akan menarik zat radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com