Pengin Bebas Lemak tapi Malas Olahraga? Coba Cara Ini... - Kompas.com

Pengin Bebas Lemak tapi Malas Olahraga? Coba Cara Ini...

Kompas.com - 05/02/2018, 08:30 WIB
.VIA THINKSTOCK .

KOMPAS.com - Ingin menurunkan berat badan tapi malas berolahraga? Tak perlu khawatir. Para ahli telah menemukan solusinya.

Riset telah menemukan fakta, berdiri selama enam jam mampu menyingkirkan lemak berlebih dalam tubuh kita.

Berdiri mampu membakar 0,15 kalori per menit lebih banyak daripada duduk.

Terlalu banyak duduk telah lama dikaitkan sebagai penyebab obesitas dan meningkatnya risiko kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

"Berdiri tidak hanya membakar lebih banyak kalori, aktivitas otot tambahan saat berdiri dapat menurunkan tingkat serangan jantung, stroke dan diabetes."

"Jadi, manfaat berdiri tidak hanya untuk mengontrol berat badan saja," kata Francisco Lopez-Jimenez, Profesor di Mayo Clinic yang merupakan tempat praktik medis nirlaba di Amerika Serikat.

Baca: Mau Kurangi Berat Badan Tanpa Diet? Ini Tipsnya...

Disebutkan, kalori yang terbakar pada pria dua kali lebih tinggi daripada wanita.

Ini bisa terjadi karena pria memiliki masa otot yang lebih besar dan jumlah kalori yang terbakar sebanding dengan masa otot yang juga diaktifkan pada saat berdiri.

Francisco Lopez-Jimenez selaku pemimpin dalam riset ini, menyarankan agar kita menghindari aktivitas duduk yang berlebihan dalam satu waktu.

"Berdiri dalam jangka waktu yang lama bagi banyak orang dewasa mungkin sangat sulit, terutama mereka yang terbiasa bekerja di belakang meja."

"Namun bagi orang yang duduk selama 12 jam sehari, memotong waktu duduk menjadi setengahnya akan memberi banyak manfaat," ucap dia.

Riset ini telah dipublikasikan di the European Journal of Preventive Cardiology. Riset dilakukan dengan menganalisa 46 penelitian dan meneliti 1.184 peserta sebagai subjek penelitian.

Subjek dalam penelitian tersebut rata-rata berusia 33 tahun, dengan 60 persen di antaranya adalah lelaki yang memiliki berat badan rata-rata 65 kilogram.

Baca: Mau Kurangi Berat Badan Tanpa Diet? Ini Tipsnya...

Hanya dengan mengubah rutinitas duduk, impian untuk memiliki bobot tubuh ideal bukan hal yang sulit.

Selain itu, cara ini juga ampuh untuk menghidarkan kita dari risiko kesehatan seperti penyakit jantung dan diabetes yang termasuk dalam lima penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Dilansir dari laman hellosehat, penyakit kardiovaskuler dan diabetes menempati posisi teratas dari lima penyebab kematian di Indonesia.

Sementara itu, posisi berikutnya ditempati penyakit paru obstruktif kronik, TBC dan kecelakaan.


EditorGlori K. Wadrianto
Sumber,thehindu
Komentar
Close Ads X