Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wiski Jepang Termahal Dijual Seharga Rp 4 Miliar

Kompas.com - 05/02/2018, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Ada minuman-minuman mahal yang hanya dibuka pada kesempatan istimewa. Di antaranya adalah minuman langka yang harganya selangit, termasuk wiski asal Jepang ini.

Pada tanggal 30 Januari lalu, sebotol wiski Yamazaki berusia 50 tahun terjual seharga hampir Rp 4 miliar dalam lelang Sotheby Hong Kong.

Penjualan ini mencatat rekor sebagai wiski Jepang paling mahal yang pernah dijual dan menegaskan kembali sebuah tren yang menguat dalam beberapa tahun terakhir: Pasar wiski mewah tumbuh dengan pesat, terutama untuk botol-botol langka.

Paul Wong, yang merupakan spesialis di Sotheby's Wine, Asia, mengatakan, "Kami sangat senang dengan rekor lelang yang dicapai Yamazaki berusia 50 Tahun ini, harga tertinggi dicapai untuk sebotol wiski Jepang."

Wiski Jepang khususnya, telah mengalami lonjakan permintaan besar di segmen minuman mewah. Ini dimulai saat 296 botol langka dari penyulingan Karuizawa yang telah tutup dilelang dan diperebutkan para kolektor.

Koleksi wiski Jepang itu terjual lebih dari Rp 13,5 miliar pada sebuah lelang, dan juga menjadi wiski Jepang yang paling mahal yang pernah dijual.

Lantas seberapa kuat permintaan wiski langka Jepang?

Penjual minuman asal Jepang, Dekanta, baru-baru ini meluncurkan sebuah pengumuman untuk mendapatkan kesempatan membeli satu dari 150 botol wiski Karuizawa berusia 35 tahun, yang sebotolnya dijual Rp 160,5 juta.

Langkah yang sebelumnya tidak pernah terdengar di industri ini menunjukkan betapa banyaknya minat terhadap minuman langka. Sesuatu yang mungkin tidak masuk di akal kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber DMarge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com