Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tak Ditolak, Lakukan Ini Sebelum Minta Promosi Jabatan

Kompas.com - 06/02/2018, 17:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

Sumber standard

KOMPAS.com - Kamu merasa selama ini sudah bekerja dengan baik dan penuh dedikasi. Lantas, mengapa tak juga mendapatkan promosi?

Untuk mendapatkan promosi dan kenaikan gaji memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kerja keras dan usaha ekstra.

Survei dari TotalJobs terhadap 5.000 pekerja di Inggris menemukan bahwa 67 persen pekerja mengalami penolakan saat meminta promosi di tahun 2017, dan ini menyebabkan penurunan motivasi di tempat kerja. Hanya 12 persen pekerja mengatakan bahwa mereka merasa 'terlibat penuh' sepanjang hari kerja.

Tentu kita semua tak ingin mengalami nasib buruk seperti yang dialami oleh sebagian besar peserta dalam survei tersebut, bukan? Oleh karena itu, kita harus memastikan kalau diri kita memang layak untuk mendapatkan kenaikan gaji atau promosi.

Menurut Liz Walker, seorang HR director dari Unum - sebuah perusahaan penyedia asuransi dan perlindungan finansial para pekerja yang berbasis di UK, ada 5 cara yang bisa kita terapkan agar segera mendapatkan kenaikan gaji atau promosi.

1. Sampaikan tujuanmu dan mintalah umpan balik

Jika kamu telah bekerja setidaknya selama 6 bulan, buat janji untuk bertemu dengan manajer. Walker menyarankan agar kita memberi tahu tujuan utama kita dalam posisi saat ini. Yakinkan atasan bahwa kamu akan melakukan sesuai kemampuan untuk mewujudkan tujuan itu.

"Biarkan mereka tahu bahwa tujuan utamamu adalah untuk mengejar keunggulan dalam peran saat ini dan tujuan jangka panjangmu adalah maju secara profesional melalui perusahaan," kata Walker.

Baca :Rutinitas Kerja, Penyebab Stres yang Paling Umum

2. Mintalah saran bagaimana memperbaiki diri

Tanyakan apa yang dapat kamu lakukan untuk memposisikan dirimu dengan baik untuk peran selanjutnya. Gunakan umpan balik ini untuk memastikan bahwa kamu berada di jalur yang tepat untuk mencapai target karier yang sudah dibuat.

3. Komunikasikan kesuksesan secara proaktif

Walker berkata bahwa mengomunikasikan prestasi yang telah kita raih kepada tim dan manajemen adalah hal terpenting. Menurutnya, dunia kerja adalah dunia yang sibuk dan tidak mungkin pimpinan akan selalu mengingat tanggung jawab tambahan yang kamu ambil.

Jadi, kita sebaiknya memberikan rincian spesifik tentang pencapaian kita. Selain itu, kita juga harus memberikan contoh proyek tambahan yang telah dikerjakan dan mebawa dampak positif pada perusahaan.

"Permudahlah atasanmu untuk melihat bahwa kamu adalah pemain bintang yang pantas mendapatkan jabatan dan gaji yang lebih baik," ucap Walker.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber standard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com