Singgah ke Starbucks Terbesar di Dunia di Shanghai - Kompas.com

Singgah ke Starbucks Terbesar di Dunia di Shanghai

Kompas.com - 10/02/2018, 10:50 WIB
Starbucks terbesar di dunia, Reserve RoasteryKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Starbucks terbesar di dunia, Reserve Roastery

SHANGHAI, KOMPAS.com - Saat pertama kali menginjakkan kaki ke Shanghai, China, saya langsung teringat dengan gerai Starbucks terbesar di dunia yang berada di kota metropolitan ini. 

Diberi nama Starbucks Reserve Roastery, gerai kopi terkenal ini terletak di Nanjing West Road dan sangat strategis karena berlokasi di area pusat perbelanjaan terkenal di Shanghai.

Gerai yang baru dibuka akhir tahun lalu itu cukup menarik perhatian, karena luasnya sekitar 2.700 meter persegi atau sekitar separuh lapangan sepak bola.

Ketika mencari kedai ini, saya diarahkan oleh warga lokal yang mengatakan agar mencari bangunan mirip museum. Benar saja, dari kejauhan bangunan dua lantai berbentuk melingkar ini memang berbeda dari gerai Starbucks pada umumnya.

Mengingat popularitasnya, saya sudah menduga gerai ini bakal ramai, tapi siapa sangka saya perlu antre untuk masuk. Serius, antrenya cukup panjang.

Memang, bangunannya besar, tapi saat itu sore pada hari Jumat. Asumsi saya orang-orang baru pulang kantor dan bersiap untuk akhir pekan. Jadilah Starbuck sangat ramai dan harus mengantre sekitar 15 menit. 

Setelah masuk, mata saya dimanjakan oleh interior yang didominasi oleh kayu berbentuk heksagonal, mulai dari furnitur, sampai bagian langit-langit.

Tempat roasting di Starbucks Reserve RoasteryKOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Tempat roasting di Starbucks Reserve Roastery
Yang paling menarik perhatian saya adalah mesin kopi besar tepat di depan pintu masuk, bersebelahan dengan tumpukan karung goni berisi biji kopi.

Mesin besar itu adalah roaster Probat N500. Terdapat dua mesin seperti itu di Starbuck ini, di lantai bawah dan atas. Menariknya, dua mesin itu bisa menyangrai hingga 120 kilogram dalam satu kali proses.

Tak cuma menjual minuman kopi, gerai kopi asal Amerika Serikat ini juga menawarkan pengalaman berbeda dari kedai-kedai Starbucks lain di dunia. Antara lain melihat langsung proses pengolahan biji kopi.

Karena menyandang nama roastery, Starbucks ini juga berfungsi tempat mengolah biji kopi sampai pembuatan minumannya. Ini merupakan gerai Starbucks kedua yang memiliki konsep roastery selain di Seattle, Amerika Serikat.

Setelah disangrai, biji kopi akan disimpan di tong tembaga yang menjulang tinggi yang berada di samping kanan tumpukan karung biji kopi. Penyimpanan itu agar biji kopi mendapatkan rasa berkualitas.

Selain dipakai di gerai, biji kopi tersebut juga dikemas untuk dijual bagi pelanggan yang ingin menikmati kopi di rumah.

Biji-biji kopi yang sudah diolah itu secara otomatis akan dikirim lewat pipa transparan tepat di atas kepala pengunjung. Biji-biji kopi itu akan dikirim kemudian masuk ke dalam tabung penyimpanan di meja barista.

Interior gerai Starbucks terbesar di dunia di Shanghai, China.Dailymail Interior gerai Starbucks terbesar di dunia di Shanghai, China.
Para pecinta kopi akan dimanjakan di gerai ini karena ada 100 menu minuman yang ditawarkan.

Enggak suka kopi? Tenang, karena di Starbucks ini juga menyediakan area khusus pecinta teh—tentu dengan jenis teh berkualitas. 

Bagaimana, tertarik singgah sejenak saat berkunjung ke Shanghai? Jangan lupa simak video perjalanan Kompas.com ke gerai di Shanghai ini.


Komentar
Close Ads X