Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu - Kompas.com

Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu

Kompas.com - 12/02/2018, 11:39 WIB
Ilustrasi madubusinessweek.com Ilustrasi madu

KOMPAS.com - Madu sering dipakai sebagai pemanis pengganti gula pasir. Namun, keunggulan madu tak hanya pada rasa manisnya. Cairan manis ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

1. Menekan batuk

Madu berkualitas baik bisa menjadi obat darurat saat batuk menyerang. Pemanis alami ini ternyata sama efektifnya dengan zat dekstrometrofan yang biasa digunakan sebagai pereda batuk dalam obat yang dijual bebas.

Madu dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggerokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab batuk. Konsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur, maka tidur akan lebih nyenyak dan batuk lebih ringan pada keesokan harinya.

2. Memperbaiki kolesterol

Riset dari Dubai menemukan, dibandingkan dengan orang yang mendapatkan larutan glukosa, mereka yang mengonsumsi air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kolesterol kolesterol jahat (LDL) dan mengalami peningkatan kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik.

Baca :Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?

3. Melembabkan kulit

Menurut pakar dermatologi Patrivia Farris, madu dapat berfungsi sebagai pelembab alami karena molekul gula di dalamnya dapat menahan air dari kulit.

Madu dapat menghasilkan lapisan film di kulit yang dapat mengunci air dan meningkatkan kelembaban. Itu sebabnya para ahli menyarankan kita untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak madu.

4. Mengobati jerawat

Menurut Joey Green, penulis Joey Green's Magic Health Remedie, sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan dari jerawat.

Untuk mengobati jerawat dengan madu, campurkan madu dan pala dalam jumlah yang sama. Lalu, oleskan pada bagian yang berjerawat dan biarkan selama 20 menit sebelum dibasuh dengan air.

Baca :Kenali Ciri Jerawat Membandel karena Faktor Hormonal

5. Meredakan sakit tenggorokan

Selain untuk meredakan batuk, madu bisa berperan sebagai antibakteri ringan yang sangat berguna saat kita sakit tenggorokan.

Tuangkan setengah cangkir air bersama satu sendok teh parutan jahe, lalu tambahkan jus yang terbuat dari lemon dan sesendok teh madu. Kemudian, gunakan semua bahan tersebut sebagai obat kumur di tenggorokan.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

6. Menyembuhkan luka bakar

Sejak zaman dulu, nenek moyang kita mengobati luka bakar dengan madu. Penelitian juga menunjukkan, luka bakar yang diobati dengan madu sembuh lebih cepat dan menunjukkan sedikit pembengkakan daripada silver sulfadiazin atau obat perawatan luka bakar. Walau begitu, madu hanya direkomendasikan untuk luka bakar ringan dan tidak ada luka terbuka.

7. Mengobati gula darah rendah

Riset dari Journal of the International Society of Sports Nutrition menemukan bahwa madu bubuk dapat meningkatkan dan mempertahankan kadar glukosa lebih efektif daripada sukrosa.

Konsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah besar setelah berolahraga dapat menyebabkan hipoglikemia pada beberapa orang, namun para peneliti menyimpulkan bahwa madu dapat mencegah reaksi tersebut.

Penderita hipoglikemia dapat menggunakan kadar gula yang tinggi dalam madu untuk meningkatkan glukosa darah yang rendah.

Baca :"Lensa Kontak Pintar", Mampu Pantau Kadar Gula Darah

8. Menghilangkan ketombe

Madu sebagai pembersih rambut juga memiliki efek menenangkan kulit kepala dan membantu melawan ketombe. Periset telah mempelajari penggunaan madu pada pasien yang menderita dermatitis seboroik dan ketombe.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa menggunakan masker madu dapat menghilangkan rasa gatal dan memperbaiki kondisi kulit kepala karena memiliki khasiat antijamur dan melembabkan kulit kepala. Cukup encerkan madu dengan sedikit air hangat dan pijat ke kulit kepala selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Membersihkan tubuh

Jika kamu memiliki masalah kulit kering, manfaatkan madu untuk melembabkan kulit dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat atau bau badan.

Untuk membuat sabun madu, campurkan dua sendok teh madu dengan satu sendok makan minyak zaitun. Untuk mendapatkan pengalaman seperti di spa, tambahkan minyak esensial seperti lavender, minyak almond atau minyak vitamin E.

Minyak ini menenangkan dan memberikan aroma yang menyenangkan. Jika ingin membuatnya menjadi scrub, campurkan dengan setengah cangkir gula merah.

Gunakan sebagai scrub sebelum membasahi tubuh dengan air. Madu itu sendiri memiliki umur simpan yang sangat lama, namun jika ditambahkan air dapat memicu pertumbuhan jamur dan merusak manfaat dari madu itu sendiri.


Komentar
Close Ads X