Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2018, 16:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Merasa lapar setelah olahraga? Tentu bukan kamu saja yang merasakan hal ini. Hampir semua orang yang baru saja selesai beraktivitas, pasti akan merasa lapar dan ingin makan sesuatu.

Terkadang, ini bisa bikin dilema, apakah harus menahan lapar setelah olahraga atau tetap menuruti keinginan perut setelah olahraga. Sebenarnya boleh tidak makan setelah olahraga? Atau haruskah menahan lapar agar sesi olahraga tidak sia-sia?

Apapun olahraga yang kamu lakukan, entah kardio atau latihan kekuatan otot, tetap menghabiskan energi. Maka itu, banyak orang yang kemudian merasa perut keroncongan setelah olahraga.

Sebenarnya, sah-sah saja jika kita makan setelah olahraga, bahkan kita sudah boleh makan sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai. Tubuh tetap butuh asupan makanan sebagai pengganti energi yang sebelumnya telah terkuras.

Olahraga yang sebelumnya dilakukan tidak akan sia-sia jika kita makan setelahnya. Pasalnya, ketika berolahraga, kita membakar cadangan lemak yang terpakai sebagai bahan energi.

Nah, makanan yang kita santap setelah olahraga tidak akan langsung berubah menjadi cadangan lemak menggantikan dibakar saat olahraga. Makanan baru akan diubah menjadi lemak jika memang kebutuhan makanan jaringan dan sel tubuh sudah terpenuhi. Sisanya baru akan menjadi lemak.  

Lagi pula, otot-otot kita membutuhkan energi dan makanan pengganti setelah bekerja keras. Dengan begitu, otot bisa pulih kembali dan kita pun mampu kembali melanjutkan aktivitas atau bahkan melakukan olahraga pada jadwal berikutnya.

Jadi, tidak perlu merasa bersalah jika merasa kelaparan dan ingin makan setelah olahraga. Akan tetapi, hati-hati dengan porsi dan jenis makanan yang kamu pilih

Jangan mentang-mentang perut keroncongan, kamu boleh makan dalam porsi yang banyak. Tetap saja, harus mengatur dan memilih makanan yang sehat.

Baca juga : Berapa Jarak Ideal Antara Waktu Makan dan Olahraga?

Konsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Hindari makanan yang berlemak tinggi setelah berolahraga. Hindari juga makan makanan yang berat setelah berolahraga. Ini hanya akan membuat perut “kaget”.

Alih-alih memakan menu tinggi kalori, sebaiknya ganti dengan makanan yang ringan tapi cukup bisa menggantikan energi yang hilang. Jika merasa pusing dan lemah setelah berolahraga, makanan atau camilan manis cukup bisa membantu memulihkan energi dengan cepat.

Selain itu, kita juga bisa makan buah-buahan yang punya kandungan gula alami. Salad atau gado-gado juga bisa menjadi pilihan. Setelah itu, selang 30-60 menit kamu bisa mengonsumsi makanan berat. Dengan catatan, jika memang sudah jadwalnya makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com