Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lucunya Hewan Peliharaan Bikin Kita Tak Kesepian dan Sehatkan Mental

Kompas.com - 13/02/2018, 17:36 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan bisa jadi cara yang menyenangkan untuk memelihara kesehatan mental. Berbagai riset menyimpulkan bahwa kehadiran anjing, kucing, burung, atau hewan peliharaan lainnya, bikin kita lebih bahagia.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari  Universitas Liverpool, Manchester dan Southampton, Inggris, melihat bagaimana hewan peliharaan dapat berkontribusi pada pengelolaan kesehatan mental jangka panjang.

Periset menganalisis 17 makalah penelitian internasional untuk mengetahui peran hewan peliharaan pada pemiliknya yang terkait dengan kesehatan mental.

Hasilnya, orang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental seperti stres, depresi, atau kecemasan, mendapatkan manfaat paling besar dengan memilihara hewan.

Manfaat punya hewan peliharaan juga akan dirasakan siapa saja. Dengan memelihara hewan, kita cenderung akan lebih sering keluar rumah untuk mengajaknya jalan-jalan atau memberinya makan. Hal ini membuat kita terpapar sinar matahari dan udara segar, yang bisa meningkatkan mood.

Pemilik hewan peliharaan juga cenderung lebih sering bersosialisasi dengan orang lain. Jika kamu tidak suka tinggal sendirian, kehadiran hewan-hewan kesayangan membuat kita merasa punya teman setia.

Baca :Sering Berpikiran Negatif? Cobalah Pelihara Hewan

Di Inggris, diperkirakan ada 10 juta kucing dengan 23 persen rumah tangga yang memiliki satu atau lebih. Sementara itu, jumlah anjing di Inggris mencapai 11,5 juta ekor, dengan 30 persen rumah tangga memiliki satu atau lebih anjing peliharaan.

Data tahun 2016 menunjukkan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah hewan peliharaan yang cukup tinggi. Pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia mencapai 15,6 persen di Asia Tenggara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com