Yang Perlu Kamu Tahu Soal Guratan Pada Ibu Hamil - Kompas.com

Yang Perlu Kamu Tahu Soal Guratan Pada Ibu Hamil

Kompas.com - 13/02/2018, 22:26 WIB
Ilustrasi stretch marksArtem_Furman Ilustrasi stretch marks

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu hamil seringkali dipusingkan soal stretch mark atau guratan yang muncul di perut. Kemunculan guratan tersebut ternyata banyak penyebabnya.

“Tanda guratan di perut sebabnya multi-faktor, mulai dari pengaruh hormon hingga inflamasi,” kata dermatolog, dokter Kevin Maharis dari Maharis Clinic, saat acara peluncuran Bio-Oil 200 ml di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Penting untuk dipahami, guratan putih tersebut tak hanya muncul pada ibu hamil. Meski begitu, pada ibu hamil hal tersebut biasa terjadi karena peregangan kulit.

Selain itu, kulit yang meregang seringkali menimbulkan rasa gatal dan akhirnya membuat orang menggaruknya. Cara itu tak disarankan karena akan membuat guratan yang lebih jelas.

“Untuk ibu hamil biasanya mulai muncul pada trimester kedua karena pertumbuhan pesat,” ungkap Kevin.

Bagaimana cara mengatasinya? Karena penyebab multi-faktor, maka solusinya pun demikian. Dia mengatakan bahwa penting selalu menggunakan pelembab dengan tingkat minyak tinggi. Penggunaan pelembap tersebut dapat dilakukan setelah mandi. 

Baca juga : 5 Cara Pakai Pelembap Wajah Agar Hasilnya Maksimal

Selain itu, penting untuk menggunakan handuk secara perlahan—tak perlu digosok, cukup diusap lembut.

Kemudian bila bagian kulit terasa gatal tidak disarankan untuk menggaruknya karena akan menyebabkan inflamasi dan memperparah stretch marks.


Komentar
Close Ads X