Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2018, 05:12 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mencopot sepatu tiba-tiba muncul bau yang menyengat? Bau itu bisa jadi dari kaki Kamu dan itu semua karena kebiasaan buruk: tidak mengenakan kaus kaki.

Saat kita tidak memakai kaus kaki, keringat tak akan terserap dengan baik sehingga memunculkan kelembapan di kaki. Dan kondisi itu ternyata rentan terhadap infeksi jamur.

“Bakteri akan berkembang di situ,” kata dermatolog Kevin Maharis dari Maharis Clinic, Jakarta, Selasa (13/2/2018). 

Nah, apakah setelah mengenakan kaus kaki, bau tersebut tak akan muncul? Bau akan tetap ada bila kita tak memperhatikan kebersihan.

Kevin menyarankan untuk pakai bedak anti-deodoran—mengandung anti-bakteri— sebelum mengenakan kaus kaki. Selain itu, kita juga sebaiknya sering mengganti kaus kaki. 

“Kaki juga mesti dicuci sampai sela-sela jari, karena seringkali bakteri berkoloni di situ. Cukup pakai air dan sabun mandi saja,” ungkap Kevin. 

Kalau merasa tak nyaman dengan keringat berlebih, Kevin menyarankan untuk ke dokter dan suntik de-aktivasi kelenjar keringat. Dia memastikan proses tersebut tak memiliki efek samping.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com